7 Cara Menghargai Diri Sendiri

7 Cara Menghargai Diri Sendiri- Hidup seseorang bisa menjadi kacau dan penuh dengan keputusasaan hanya karena dia merasa tidak berharga. Hal tersebut otomatis mempengaruhi tingkat percaya dirinya. Banyak faktor yang mempengaruhi mengapa seseorang bisa merasa tidak berharga. Merasa tidak dicintai lagi oleh pasangannya, merasa tidak punya kelebihan, merasa diabaikan oleh orang-orang di sekitarnya, dan masih banyak lagi. 

Orang-orang seperti ini biasanya memilih menarik diri dari lingkungan. Cenderung menjadi pribadi yang tertutup. Semakin hari semakin meratapi keadaan diri. Kondisi seperti ini sebenarnya tidak boleh dibiarkan. Jika merasakan hal tersebut, segera lakukan 7 hal ini agar hidup tidak akan terpuruk semakin jauh. 

1. YAKIN PUNYA SEGUDANG KELEBIHAN

Terkesan lebay, tapi begitu adanya. Merubah pola pikir bahwa kita adalah orang spesial yang punya segudang kelebihan. Hanya saja mungkin selama ini belum mengenali diri sendiri. Masih merasa menjadi manusia tidak berguna. 

Padahal manusia diciptakan dengan segudang kelebihan. Tapi manusia cenderung sibuk mencari kekurangan diri. Sehingga waktu yang harusnya dihabiskan untuk merenungkan kelebihan yang dimiliki, ternyata habis untuk meratapi kekurangan diri. 

Jangan remehkan kekuatan sebuah pikiran. Karena semua yang kita lakukan bersumber dari apa yang kita pikirkan. Meyakinkan diri sendiri bila kita mempunyai banyak kelebihan akan membuat kita merasa berharga. Mulai mengenali diri sendiri  akan membantu menghilangkan rasa rendah diri yang selama ini dirasakan. Karena perlahan tapi pasti, kita akan menyadari bahwa tidak ada manusia yang tidak berguna. Tuhan menciptakan kita spesial, dengan segala kelebihan yang belum tentu dimiliki oleh orang lain.
 

2. JADI DIRI SENDIRI

Cara lain untuk menjadi lebih berharga adalah berani menjadi diri sendiri. Tidak dipungkiri zaman sekarang orang lebih suka menunjukkan pribadi yang diinginkan kelompoknya. Alasannya adalah ingin diakui dan tidak mau diremehkan. 

Ada seorang teman yang rela berpenampilan beberapa tahun lebih tua dari usianya. Ketika ditanya oleh teman sebayanya mengapa melakukan hal tersebut, alasannya  adalah tidak ingin diremehkan di tempat kerja karena masih muda. 

Masalahnya, semakin berusaha menjadi seperti orang lain, terjadi pergolakan batin. Karena tidak bisa menunjukkan jati dirinya yang sesungguhnya. Akhirnya merasa diri tidak berharga. Padahal menjadi diri sendiri adalah kunci menjadi pribadi yang lebih berharga. Karena kita unik, berbeda dengan orang lain. 

3. TEMUKAN PASSION

Hal lain yang bisa Membuat seseorang merasa berharga adalah menggali potensi diri yang tersembunyi. Setelah melakukan analisa kelebihan yang ada dalam diri, maka langkah selanjutnya adalah aksi. Mengarahkan kelebihan tersebut menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat. 

Bila kita mempunyai kelebihan merangkai kata, maka cobalah untuk menulis. Menulis untuk menyenangkan diri sendiri maupun bermanfaat untuk orang lain. Ada kepuasan tersendiri jika apa yang ditulis bisa memberi pandangan baru kepada orang lain. Dari sini akan muncul perasaan menjadi manusia yang berharga. 

Tidak hanya menulis, kita bisa mencoba banyak hal sampai menemukan sesuatu yang membuatmu senang melakukannya tanpa paksaan. Semakin banyak kegiatan yang dicoba, maka semakin besar peluang menemukan passion. 

4. BERGAUL DENGAN ORANG-ORANG YANG PUNYA AURA POSITIF 

Siapakah orang-orang yang mempunyai aura positif? Mereka yang tidak memandang rendah orang lain. Orang-orang yang bisa menerima diri kita apa adanya. Mereka yang selalu menebarkan semangat untuk menjadi manusia yang lebih baik. Orang-orang yang menggandeng kita untuk tumbuh bersama-sama.
 
Apakah ada orang-orang yang seperti itu? Pasti ada. Meskipun untuk bisa menemukan circle yang seperti itu, butuh trial and error. Artinya harus berani bergaul dengan banyak orang sampai menemukan yang klik di hati. 

Berada di antara orang-orang yang mempunyai aura positif ini sangat penting. Karena secara tidak langsung akan mempengaruhi kepribadian kita. Siapa diri kita dilihat dari seperti apa teman-teman dekat kita. Orang menilai kita tak lepas dari teman-teman yang selama ini sering bergaul dengan kita. 

Kita akan merasa berharga jika orang-orang di dekat kita selalu memberi dukungan penuh. Begitu juga sebaliknya. Bila orang-orang di dekat kita selalu menjatuhkan kita, maka akan mempengaruhi mental kita. Kita akan merasa menjadi manusia tak berguna, tak berharga. 

5. ABAIKAN KOMENTAR NEGATIF 

Jika menemukan circle orang-orang yang selalu mempunyai aura positif begitu susah, maka yang bisa dilakukan adalah mengabaikan setiap komentar negatif tentang diri kita. Jangan biarkan penilaian negatif mereka mempengaruhi hidup kita. Karena kita terlalu berharga. 

Bila orang lain bebas memberikan penilaian negatif kepada kita, maka kita juga punya hak untuk menyaring pikiran kita sendiri agar tidak goyah. Jangan sampai penilaian mereka yang tak berdasar membuat diri kita merasa menjadi manusia tak berharga.

Apakah ada orang-orang yang tidak bisa mengabaikan komentar negatif tentang dirinya? Ada bahkan jumlahnya banyak. Komentar negatif mampu membuat seseorang menjadi rendah diri bahkan depresi. Tak sedikit berujung pada aksi bunuh diri. 

Itu sebabnya kadang kita harus tebal telinga dan menutup mata terhadap orang -orang yang merasa paling tahu kondisi kita sehingga mengomentari kehidupan kita tanpa jeda. Padahal sebenarnya yang mereka lihat dari kita hanyalah permukaannya saja. Karena kita sendiri yang lebih paham siapa dan seperti apa diri kita.
 

6. TANTANG DIRI SENDIRI

Sebuah pencapaian akan membuat seseorang menjadi puas. Ada rasa bangga ketika diri sendiri mampu melewati batas yang selama ini menjadi penghalang. Akhirnya kita bisa menghargai perjuangan diri sendiri. Merasa menjadi manusia yang berharga dengan segala pencapaiannya. 

Maka, sesekali perlu menantang diri sendiri untuk melakukan hal yang selama ini menjadi sumber ketakutan. Setiap orang mempunyai kelemahan masing-masing. Apabila telah berhasil menaklukkan kelemahan tersebut, ada rasa haru dan puas. 

Seorang teman yang pemalu, pendiam, dan cenderung tertutup akhirnya menantang diri sendiri untuk menjadi seorang pembicara di sebuah acara mini talk show. Ternyata dia berhasil melawan ketakutannya yaitu tidak percaya diri berbicara di depan umum. 

Pencapaian yang menurut orang lain terlihat sepele, tapi tidak bagi dia. Karena dia mampu merobohkan dinding penghalang yang menghambatnya berkembang selama ini. Hal ini membuat dia merasa menjadi lebih berharga. 

7. BERHENTI MEMBANDINGKAN 

Hal terakhir yang membuat kita bisa menjadi lebih berharga adalah berhenti membandingkan kehidupanmu dengan orang lain. Masing-masing mempunyai ritme sendiri-sendiri ynag tidak bisa dibandingkan. Ketika kita mulai membandingkan diri kita dengan orang lain, akan muncul perasaan tidak berharga. Kita akan merasa bukan siapa-siapa dan tanpa apa-apa. 

Mulai bersyukur dengan karunia Tuhan sekecil apapun yang diberikan kepada kita adalah langkah awal untuk lebih menghargai diri sendiri. Kita hanya melihat apa yang Tuhan anugerahkan kepada orang lain. Akhirnya membandingkan dengan diri kita. Kita sering lupa melihat beban yang ada di Pundak orang lain yang membuatnya layak mendapatkan penghargaan dari Tuhan. Kita hanya melihat permukaannya saja. 

Berhenti membandingkan agar kita selalu menjadi manusia spesial yang berharga.

 

Tidak ada komentar