5 Karakter Teman Travelling yang Harus Kamu Tahu

5 Karakter Teman Travelling yang Harus Kamu Tahu- Travelling bareng teman memang menyenangkan karena ada teman ngobrol dan lebih hemat. Tapi ternyata tidak semua teman travelling itu asyik. Berdasarkan pengalaman dan cerita dari beberapa teman, ada karakter teman travelling yang kurang seru bahkan merusak suasana travelling. 


Iya, teman yang sering bertemu sehari-hari, asyik ngobrol banyak hal, belum tentu menyenangkan ketika diajak travelling. Karena saat travelling apalagi menginap berhari-hari di tempat baru, pasti karakter asli orang tersebut kelihatan. Berbeda ketika kita hanya bertemu saat bekerja di kantor atau sekadar hangout bareng 2-3 jam saja. 

SUKA MENGELUH 

Ketika sedang travelling ke sebuah tempat yang jauh dari rumah, pasti harapannya adalah bisa menikmati suasana di tempat baru. Berusaha melepas penat sejenak dari rutinitas harian. Tapi agenda travelling menjadi tidak menyenangkan bila teman yang kita ajak karakter yang suka mengeluh. 


Sesekali mengeluhkan capek mungkin masih wajar. Tapi jika dia mengeluh setiap saat tentu saja mempengaruhi suasana hati kita juga. Diajak jalan sedikit mengeluh capek, cuaca panas sedikit mengeluh kepanasan, suhu turun mengeluh kedinginan, mengeluh makanan tidak enak, tempat tidur tidak nyaman, dan masih banyak lagi. 

Karakter suka mengeluh seperti ini sangat tidak disarankan untuk diajak travelling. Apalagi ke tempat yang memiliki suhu ekstrim dan medan yang penuh tantangan. Karena si tukang mengeluh akan mengganggu travelling kita. Harapannya pikiran bisa fresh selama travelling, tapi kenyataannya justru semakin setres mendengarkan keluhan bertubi-tubi dari teman yang kita ajak. 


NYEBELIN  

Pernahkah travelling dengan teman yang sangat menguras kesabaran? Tidak hanya suka mengeluh, dia selalu meniru gaya kita dan mengikuti setiap apa yang kita beli di tempat wisata. Seolah-olah dia tidak punya pendirian sendiri. Intinya selalu pengen apa yang kita beli dan yang melekat di badan kita.


Teman travelling satu ini juga berisik. Saat kita ingin  istirahat melepas penat di kamar, dia tidak peka. Dia terus bercerita tanpa jeda. Padahal esok hari masih ada perjalanan yang membutuhkan energi ekstra. Dengan alasan tidak enak hati, kita biasanya tetap menanggapi ceritanya meski rasa kantuk tidak tertahankan. 

Tipe berisik seperti ini memang doyan banget bercerita. Tidak peduli tempatnya. Bahkan, di dalam perjalanan pulang di kereta misalnya, dia akan tetap mengajak kita ngobrol padahal kita ingin tidur selama perjalanan. 

Hal menyebalkan lainnya adalah urusan foto. Ada karakter yang selalu minta difotoin di semua spot foto yang kece. Kita selalu siap memfotokan dengan sudut pandang yang bagus. Tapi giliran kita minta difotoin, hasilnya selalu tidak memuaskan seperti blur atau sudut pandangnya kurang bagus. 

PERHITUNGAN 

Tentu menyenangkan bisa travelling bersama teman. Beberapa biaya yang jumlahnya cukup besar seperti penginapan bisa dibagi dua. Tentu saja menjadi lebih hemat. Tapi keadaan berubah menjadi tidak menyenangkan lagi ketika teman yang kita ajak travelling sangat perhitungan atau bisa dikatakan pelit.

Karakter seperti ini biasanya meminta uang ganti bahkan untuk hal-hal yang receh seperti uang ke toilet atau segelas air minum yang telah dibeli memakai uangnya. Apalagi jika kita sudah berusaha berbaik hati sesekali mentraktir dia makan malam. Tapi dia meminta uang ganti snack yang nominalnya tidak seberapa tapi terlanjur kita makan. 

SUSAH ADAPTASI 

Jika suka travelling ke tempat yang tak biasa, jangan membawa teman travelling yang mempunyai karakter susah adaptasi dengan lingkungan baru. Misalnya saat travelling ke tempat yang memiliki suhu ekstrim seperti negara dengan musim dingin atau negara gurun. 


Ketika teman travelling susah beradaptasi dengan lingkungan baru, maka sedikit banyak akan mengganggu agenda travelling kita. Apalagi jika dia tipe yang sangat pilih-pilih makanan. Pasti akan sangat melelahkan mengurus dia. Padahal kita mengajak teman untuk travelling bersama agar travelling kita lebih seru. 

SUSAH DIAJAK KOMPROMI 

Karakter yang kurang menyenangkan diajak travelling adalah karakter yang susah diajak kompromi. Bepergian bersama teman memang antangannya adalah menyamakan tujuan. Ini berlaku untuk travelling yang free alias tidak terikat dengan jadwal tertentu. Membawa teman saat seperti ini dengan harapan bisa lebih puas eksplore tempat baru. 

Namun, kehadiran teman travelling kadang kala lebih rumit  menentukan tempat mana yang akan didatangi terlebih dahulu. Diskusi santai bisa berakhir dengan ketegangan jika tidak mencapai kata sepakat. Kita ingin mengunjungi lokasi A sementara dia ingin langsung ke lokasi B. 

Keruwetan juga terjadi saat menentukan urusan makan. Kadang  menentukan tempat makan menjadi sangat lama karena teman travelling kita susah diajak kompromi. Kita ingin makan di tempat yang lebih murah demi menghemat anggaran travelling, tapi dia ingin memanfaatkan kesempatan eksplore kuliner setempat tidak peduli berapapun harganya. 

Begitulah, urusan travelling akan semakin runyam jika kita salah memilih teman travelling. Alih-alih bisa travelling dengan tenang, malah travelling penuh drama. Jadi, ada baiknya mengenal karakter teman yang akan diajak travelling terlebih dahulu agar agenda travellingmu tetap seru.

6 komentar

  1. krn aku suka traveling, aku selalu butuh yg namanya travelmate. krn aku ga suka jalan sendiri mbam hrs ada temennya. seblum ini travelmate kesayanganku udh pasti suami :D. kami sama2 suka jalan, suka ekstreme, suka shopping, tapi sayangnya cuti dia kdg ga cocok ama jdwalku. jd sesekali aku hrs jalan ama temen. naaah ada 1 temen yg cocok juga style jalannya ama aku, dia tipe yg kuat jalan, dan lbh rela bawa koper plus pake full service airlines drpd pake budget. sama kayak aku jg. tapiiiii bedanya kami berdua, aku suka shopping dan kuliner, bangetttt, dan selalu sediain budget banyak utk 2 hal ini, sementara dia hemat. memang sih dia selalu toleran, ga masalah nemenin aku, tapikan aku jd ga enak ya mba. okelaah kalo soal makan aku traktir kdg, tp soal shopping susah. makanya kalo jln ama dia ,aku bikin itin sebisa mungkin ga terlalu hedon wkwkwkwk

    tpiiii kmrn abis balik dari trip korut, aku nemu kenalan baru yg travelingnya sama persis kayak aku :D. suka jajan, suka shopping. wuaaah seneng bangetttt. makanya kami bertiga kmrn lgs jalan lg ke tempat lain hanya utk shopping. naaah ketemu travelmate yg sejiwa gini udh kyk nemu hrta karun :D. soalnya susaaaaah memang cari yg sejalan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat mbk jika sudah menemukan teman travelling yang menyenangkan.

      Hapus
  2. Iya sih bener. Cari teman travelling itu emang kudu yang cocok dengan kita. Kalau nggak, bisa kacau urusan traveling kita. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepakat. pengennya refreshing malah setres ya

      Hapus
  3. wkwkw waduhh.. jadi mengingat2.. apakah aku termasuk yang 5 ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. enggak kok. mbak dian adalah salah satu teman travelling yang asyik juga

      Hapus