Berburu Gethuk Pisang Mini, Oleh-Oleh Khas Kediri

Berburu Gethuk Pisang Mini, Oleh-Oleh Khas Kediri- Setiap pulang ke kediri tak pernah terbesit membeli oleh-oleh khas kediri, gethuk pisang. Makanan satu ini menurutku kurang praktis karena bentuknya yang cukup besar seperti lontong. Namun, sejak menemukan gethuk pisang yang ukurannya kecil, aku selalu menyempatkan membelinya sebelum balik ke Surabaya. Aku jatuh cinta dengan Gethuk pisang imut yang praktis dan rasanya juga enak.

Berburu gethuk pisang imut yang enak dan murah ternyata tidak mudah. Beberapa pusat oleh-oleh sudah aku datangi. Tapi hasilnya kurang memuaskan. Kadang rasanya agak asam meski harganya cukup bersahabat. Pernah menemukan pusat oleh-oleh yang menjual gethuk pisang mini yang rasanya enak. Namun, harganya lumayan mahal untuk gethuk pisang imut seperti itu. Apalagi jika aku membeli dalam jumlah banyak. Pastinya cukup menguras isi dompet. 

Aku senang akhirnya berhasil menemukan penjual gethuk pisang mini yang rasanya enak dan harganya murah. Ternyata tempat yang aku datangi adalah salah satu tempat pembuatan gethuk pisang imut. Gethuk pisang yang ada di sini tidak dikemas di wadah mika seperti gethuk pisang pada umumnya. 

Pusat oleh-oleh gethuk pisang "BAARIK LANA" bukan pusat oleh-oleh biasa. Di sini kita bisa melihat ibu-ibu yang sibuk membungkus gethuk pisang di sebuah meja tak jauh dari meja kasir. terletak di Dsn Jatisari- Ds Krenceng- Kec Kepung membuat tempat ini tidak banyak diketahui orang. Terutama jika bukan berasal dari sekitar daerah tersebut. 

Namun, aku bersyukur bertempat tinggal tak jauh dari lokasi pembuatan gethuk pisang tersebut. Sehingga lebih mudah membeli gethuk pisang mini sewaktu-waktu. Aku biasanya sengaja membeli gethuk pisang secara dadakan setengah jam sebelum balik ke Surabaya.  

Hal yang unik dari pusat oleh-oleh ini, kita bisa membeli gethuk pisang sesuai dengan kebutuhan. Jadi, kita bebas membeli dalam jumlah yang sesuai dengan kemauan kita karena dihitung secara satuan. Dulu, harga satu pcs gethuk pisang harganya 700 rupiah. Tapi seiring harga bahan baku yang semakin mahal, maka harganya naik menjadi 900 rupiah per pcs. 

Membeli dalam jumlah sedikit juga tetap dilayani.Aku pernah membeli gethuk pisang sepuluh ribu rupiah saja. Penjaganya tetap melayani dengan ramah. Jika ingin membeli dalam jumlah banyak seperti 50Pcs, penjaga akan mengemas gethuk pisang dalam  mika ukuran besar lengkap dengan pita di atasnya. Cukup membayar lima ribu rupiah untuk mika ukuran besar tersebut. 

Aku beberapa kali membeli dalam ukuran mika besar yang sudah dihias dengan pita. Aku membeli untuk oleh-oleh beberapa teman yang ada di Surabaya. Setelah merasakan gethuk pisang mini produksi BAARIK LANA, rata-rata mereka meminta dibelikan lagi ketika tahu aku mudik ke Kediri. Mereka mengaku cocok dengan rasanya. Manisnya pas di lidah. 


1 komentar

  1. wah aku belum pernah coba, nanti kalo kesana ku mau icip ah :D

    BalasHapus