5 Karakteristik Penonton Drama Korea, Kamu yang mana?

penonton drama korea beragam, ada yang baper, santai, rela begadang, dan masih banyak lagi.
5 Karakteristik Penonton Drama Korea, Kamu yang mana?- Semakin hari penggemar drama korea di Indonesia jumlahnya terus bertambah. Apalagi sejak drama korea A world of Married Couple beberapa bulan terakhir. Drama rumah tangga yang cukup menyedot perhatian publik. Di beranda facebook misalnya, beberapa teman cowok mengaku mengikuti drama tersebut. 


Menonton drama korea menjadi hiburan tersendiri saat situasi pandemi seperti sekarang. Dari pengamatan selama ini, ada 5 karakter manusia saat menonton drama korea. Drama yang identik dengan aktor dan aktris yang memanjakan mata, telah melahirkan jenis-jenis penonton yang beragam.


5 Karakteristik Penonton Drama Korea

Terbawa Alur Cerita

Ada karakter penonton yang suka baper (bawa perasaan) ketika mengikuti alur cerita drama korea. tak dapat dipungkiri jika alur cerita drama korea sering tidak dapat ditebak. Penonton dibuat gemas dengan tokoh dalam drama tersebut. penonton tipe ini terlalu menghayati setiap episode yang ditonton. Tak jarang mereka menjadi lebih emosional saat menonton setiap episode yang alur ceritanya menarik. 


Penonton yang terlalu terbawa alur cerita sering susah membedakan antara kisah dalam drama dan realita di dunia nyata. Seperti yang terjadi beberapa minggu lalu, penonton drama korea A world of Married Couple melampiaskan kekesalannya pada  pemeran Da Kyung di sosial media aktris tersebut. Hal ini sempat membuat fans drama korea lainnya malu. Karena penonton yang rata-rata adalah kaum ibu itu dianggap tidak punya etika dan tidak bisa membedakan dunia nyata dan dunia seni peran. 


Santai 

Karakter penonton drama korea lainnya adalah santai. Tipe satu ini menganggap bahwa drama korea hanyalah hiburan melepas penat. Mereka menyadari jika apa yang ditonton hanyalah dunia seni peran. Karakteristik penonton seperti ini tidak mudah terbawa perasaan. Lebih tenang menikmati alur cerita. 


Karakter penonton seperti ini juga lebih bisa menerima dengan santai episode terakhir dari sebuah drama korea. mereka tidak akan mudah marah atau kecewa saat akhir cerita tidak sesuai dengan harapannya di awal. Tipe santai lebih memilih mengambil pelajaran dari setiap drama yang ditontonnya. Hiburan yang mengandung banyak hikmah. 


Hafal Wajah Tak Hafal Nama

Karakter lain dari penonton drama korea adalah orang-orang yang cukup susah menghafal nama aktor atau aktrisnya. Untuk yang tidak suka menghafal, memang tidak mudah menghafal nama panjang dengan pelafalan yang berbeda.

Hal ini biasanya terjadi pada penikmat drama korea pemula. Memang butuh waktu menghafal nama-nama oppa korea yang wajahnya glowing semua. Lambat laun pasti bisa membedakan Ji Chang Wook dan Lee Min Hoo. Apakah ada yang tidak bisa membedakannya? Ada. 


Nonton  Loncat Episode 

Melakukan sesuatu jika bukan passionnya pasti tidak mudah. Sama halnya dengan menonton drama korea. Jika menganggap drama korea adalah bagian dari passionnya, maka pasti tak tega melewatkan satu episode saja. 


Berbeda dengan penonton drama korea musiman. Mereka menonton drama korea karena penasaran, lingkaran pertemanannya di sosial media banyak yang membicarakan drama korea yang sedang tayang. Mereka akhirnya memutuskan menonton drama korea, tapi memilih tidak runtut menontonnya. Setelah menonton episode 1 kemudian lomcat ke episode terbaru yang baru tayang. Ada juga yang memilih menonton episode terakhir dulu kemudian baru menonton episode pertama. 

Bagi pecinta drama korea, cara tersebut tentu tidak menyenangkan. Karena menonton episode secara runut punya sensasi tersendiri. Mereka menikmati proses, bukan hasil akhirnya. Ada kepuasan melihat aktor atau aktris favoritnya berakting dalam setiap episodenya. 


Rela Begadang

Hal lain yang unik dari para penggemar drama korea adalah rela begadang demi menuntaskan episode demi episode. Jalan cerita yang selalu mengundang rasa penasaran mampu membuat mata tetap terjaga. Hal ini sering dijadikan senjata oleh pihak-pihak tertentu yang tak menyukai drama korea. Mereka mengatakan bahwa drama korea itu candu dan punya dampak negatif untuk Kesehatan.


Anehnya, meskipun harus begadang demi menuntaskan belasan episode, para penonton drama korea bisa beraktifitas normal keesokan harinya. Aura keceriaan tetap terpancar dari raut wajah mereka. Seolah ingin mengatakan bahwa menonton drama korea telah memberi energi lebih kepada mereka. Mereka menikmati drama korea dengan caranya sendiri. 

Itulah 5 karakter penonton drama korea. Apakah kamu salah satunya?


2 komentar

  1. Jadi ingat, kapan hari ada yang baru liat TWOM episode 3 dan telat nonton, trus dia loncat langsung ke episode 14. Wkwkw.. ya segitu hebohnya dunia netizen pasca liat drama yang lagi naik daun

    BalasHapus
  2. Saya tipe yang slow, menikmati alur cerita

    BalasHapus