5 Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga Modal Kecil

5 ide bisnis ibu rumah tangga modal kecil
5 Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga Modal Kecil- Ibu rumah tangga yang selalu disibukkan dengan urusan rumah dan anak, ternyata bisa mempunyai peluang menghasilkan pundi-pundi rupiah dari rumah. Namun, masalah modal kadang menjadikan seorang ibu rumah tangga ragu menjalankan sebuah usaha sampingan dari rumah. Berikut ini adalah ide bisnis ibu rumah tangga modal kecil. 

Jualan Frozen Food

Pandemi telah membuat banyak ibu rumah tangga menjadi lebih kreatif. Salah satu usaha yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga adalah jualan frozen food. Frozen food katagori makanan yang tahan lama dan jenisnya beragam.  Peluang terjual juga besar mengingat orang lebih banyak mencari sesuatu yang praktis, bergizi, dan bisa dijadikan stok makanan dalam kurun waktu yang cukup lama.

Untuk memulai jualan frozen food, tidak harus menyediakan box pendingin. Manfaatkan freezer yang ada di rumah untuk Langkah awal. Beli frozen food sesuai kapasitas freezer kemudian tawarkan kepada tetangga, teman, dan saudara. Jika tidak punya modal lebih, lakukan pemesanan frozen food kepada agen yang ada di sekitar rumah setelah ada calon pembeli. Sehingga tidak harus menimbun frozen food di freezer. 

Apabila mempunya waktu dan tenaga lebih, bisa juga membuat aneka jenis makanan beku dari dapur sendiri. Nuget, dimsum, singkong keju, dan beragam jenis cemilan beku bisa dibuat sendiri. Tentu saja jeuntungannya lebih besar dari pada harus mengambil dari agen. Ibu rumah tangga bisa mempelajari resepnya secara online. Banyak tutorial membuat aneka jenis makanan beku di internet.


Jualan Makanan Andalan Keluarga

Peluang usaha ibu rumah tangga bisa dimulai dari apa yang ada di rumah. Setiap ibu mempunyai resep andalan yang disukai oleh anak dan suaminya. Tidak ada salahnya mulai menjual makanan andalan keluarga. Ibu lebih percaya diri menjual hasil masakan yang selama ini sudah mendapat pengakuan dari keluarga. 

Makanan yang dijual bisa berupa nasi komplit nasi beserta sayur dan lauk seperti nasi kuning, nasi uduk, nasi campur, dan nasi goreng. Bisa juga menjual lauk pauk secara terpisah seperti ayam ungkep, ayam goreng, rica-rica bebek, dan masih banyak lagi. Menjual nasi bungkus dengan harga murah dapat menjadi alternatif lainnya. Nasi bungkus dengan menu sederhana dan murah banyak diminati. Titipkan ke warung atau menjual sendiri di rute yang biasa dilewati pekerja di pagi hari. 

Tidak hanya menu utama yang bisa dijual, ibu rumah tangga juga bisa menjual makanan ringan yang biasa menjadi cemilan di rumah. Makanan ringan tersebut bisa dikemas berbagai ukuran. Kemasan yang menarik juga bisa menjadi daya Tarik tersendiri untuk pembeli. Untuk permulaan, disarankan membuat dalam jumlah sedikit untuk mengetes pasar. 


Reseller atau  Dropsipper

Ide bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga yang mempunyai waktu lebih untuk bermain sosial media adalah menjadi reseller atau dropshipper. Bermodal gawai dn paket data, seorang ibu sudah bisa memasarkan dagangan secara online sambil mengawasi anak-anak bermain. 

Menjadi reseller atau drospshipper produk fashion tidak membutuhkan modal banyak. Peluang mendapatkan pembeli juga semakin besar ketika dipasarkan di media sosial yang memiliki ljaringan perteman antar kota, antar wilayah, bahkan antar pulau. Untuk bisnis jenis ini, yang harus diperhatikan adalah kesigapan mengecek stok barang dan ongkos kirim. 

Agen Buku Anak 

Bisnis produk yang berkaitan dengan kebutuhan anak tidak pernah ada matinya. Karena setiap tahun banyak anak yang dilahirkan dan tumbuh. anak-anak balita perlahan akan memasuki dunia sekolah. Biasanya banyak orang tua yang mulai mengenalkan dengan beragam bacaan kepada anak sejak dini. Oleh sebab itu buku-buku anak sangat laris di pasaran.

Ibu rumah tangga bisa menangkap peluang tersebut. Bergabung menjadi agen buku anak adalah bisnis yang pangsa pasarnya jelas. Untuk bergabung menjadi agen buku anak biasanya juga tidak memerlukan modal besar. Waktu dan ketekunan adalah kunci menjalankan bisnis ini. Komisi yang diperoleh juga sangat menggiurkan. Tidak ada salahnya melirik agen buku untuk memulai usaha bermodal kecil. 

Jual Pulsa dan Token Listrik 

Ide bisnis ibu rumah tangga bermodal kecil lainnya adalah jualan token listrik dan pulsa. Ini adalah ide paling praktis. tidak perlu menghabiskan tenaga dan waktu di dapur. Tidak perlu stok barang fisik. Pulsa dan token listrik adalah dua hal yang sering dibutuhkan orang dalam kondisi terdesak. Bisnis dalam bidang jasa seperti ini sangat menjanjikan. Apalagi jika lingkungannya adalah lingkungan padat penduduk. Bermodal tulisan ala kadarnya di depan pagar, sudah bisa memulai usaha. Namun, untuk jenis usaha ini harus telaten dan cekatan. Jualan pulsa dan token listrik ibaratnya mengumpulkan receh. 

Itulah 5 ide bisnis yang bisa dijalankan ibu rumah tangga dengan modal kecil. Urusan rumah dan anak juga  tidak terlantar.  Pundi-pundi rupiah mengalir ke rekening sendiri. Alhamdulillah jika bisa membantu keuangan keluarga dari bisnis sampingan tersebut. 


4 komentar

  1. Kebanyakan agen buku anak yang aku lihat di status2 WA teman-temanku, bukunya pakai sistem PO. Tapi hebatnya, laris manis. Artinya, kesadaran buat mengenalkan buku ke anak-anak sudah baik

    BalasHapus
  2. Ada banyak sebenarnya ya ide bisnis dengan modal terjangkau yang bisa dilakukan ibu rumah tangga, dan kerjainnya pun masih bisa dengan menghandle kerjaan utama sebagai ibu rumah tangga.

    Yang paling banyak tuh frozen food deh, cuman biar lebih terjangkau memang dijual sebagai dropshiper biar lebih irit modal.
    Karena butuh freezer dan listriknya lumayan tuh :D

    Jual pulsa dan token listrik ini juga bagus banget, barang yang terkesan remeh, tapi dibutuhkan banget loh.
    Kadang tengah malam kehabisan pulsa atau listrik, orang-orang jualan gini amat sangat membantu :D

    Kalau agen buku anak saya belum pernah sih, cuman banyak ya ibu-ibu yang ikutan jadi agen gini.
    Bahkan, dengan bayaran yang dikumpulkan buat beli buku demikian buat anaknya juga udah senang banget :)

    Insha Allah kalau niatnya kuat buat membantu keluarga, akan ada hasilnya :)

    BalasHapus
  3. jualan pulsa sama token ini emang paling praktis. apalagi kalau jualannya di kampung yang belum banyak melakukan bisnis serupa. jadi kepikiran pengen buka bisnis pulsa sama token di desa..

    BalasHapus
  4. Frozen Food lagi ramai. Variannya banyak, dan makin ke sini ada makanan ala Koreanya juga. Yang Toppoki lah, Tadoki lah, Saori lah�� Kreatif banget orang-orang sekarang.

    Jualan nasi juga ramai lho, di jalan-jalan kalau pagi banyak penjual nasi bungkus harga 8 ribu-10 ribu. Momennya pas mbarengi orang kerja

    BalasHapus