5 Kegiatan yang Bisa Dicoba Saat Jenuh Menulis

 


5 Kegiatan yang Bisa Dicoba Saat Jenuh Menulis- 
Menekuni sesuatu sesuai passion bukan berarti tanpa kata jenuh. Sesekali rasa bosan melanda. Hal ini terjadi karena lumbing ide sudah kosong. Tandanya otak perlu rehat sejenak. Saat-saat seperti ini biasanya aku memilih hangout bersama para sahabat. Namun, beberapa bulan terakhir agenda kumpul sahabat harus ditunda karena pandemi covid-19.

Jadi, selama pandemi ini aku mengalihkan kejenuhan menulis pada kegiatan yang masih bisa dikerjakan dari rumah atau berkutat pada lingkungan sekitar saja. Selain itu, anak yang sedang sekolah jarak jauh juga butuh pengawasan. Sehingga melakukan kegiatan positif dari dalam rumah atau area dekat rumah adalah keputusan yang cukup bijak. Nah, beberapa hal berikut sengaja aku lakukan saat jenuh melanda sekaligus mengisi kembali lumbung ide. 

Berkreasi di Dapur 

Dapur menjadi area dalam rumah yang kembali aku jamah dalam beberapa bulan terakhir. Jika sebelumnya hanya ke dapur saat butuh merebus minuman hangat, sekarang waktuku lebih banyak aku habiskan di dapur. Sejak pandemi, aku sengaja berhenti berlangganan sayur matang. 

Ternyata berkreasi di dapur mampu mengobati kejenuhan di depan laptop. Mempraktikkan resep baru hasil ngulik youtube menjadi tantangan baru bagiku. Ada kepuasaan saat berhasil membuat menu baru. Ketika gagal, selalu ingin mencoba lagi. Ada rasa penasaran mengevauasi letak kesalahannya. Setelah itu tentu saja ingin membagikan pengalaman seru berkreasi di dapur ini kepada orang lain. Karena aku seorang blogger, maka berbagi melalui tulisan adalah pilihannya. Hasrat menulis kembali muncul tanpa disadari.


Berkebun

Pandemi  telah membuat  sebagian besar orang memiliki hobi baru yaitu menanam. Begitu juga denganku. Mendadak ingin menghadirkan nuansa hijau di rumah. Aku dan suami sepakat untuk memulai menanam sayuran di rumah bagian belakang. Mengamati pertumbuhan tanaman mulai dari biji sampai bersemi ternyata membuat suasana hati membaik. Meskipun belum sepenuhnya berhasil dalam hal menanam ini, setidaknya kegiatan menyiram tanaman yang sedang bersemi menghilangkan kejenuhan di depan laptop. 


Hunting Tanaman 

Kegiatan lain yang mampu memalingkan diriku dari kejenuhan menulis adalah hunting tanaman. Melihat beragam tanaman di lokasi secara langsung membuat hati senang. Biasanya aku hunting tanaman kaktus dan aneka jenis tanaman gantung. Kegiatan ini rutin aku lakukan seminggu sekali. Setidaknya mampu membuatku lebih semangat untuk menulis keesokan harinya setelah mendapatkan beberapa jenis tanaman. 

Tanaman hasil hunting biasanya aku pergunakan untuk properti foto. Jadi, sengaja memilih jenis tanaman yang imut-imut. Hunting tanaman ini bagiku semacam cuci mata mengalihkan pandangan dari laptop ke tanaman hijau yang segar. Hunting tanaman yang tidak jauh dari rumah juga bisa sekalian sebagai ajang jalan-jalan tipis keluar rumah. 


Berbenah Rumah 

Ketika mulai jenuh menulis di depan laptop, biasanya aku memilih untuk berbenah rumah. Menata ulang rumah mulai dari ruang tamu, kamar, dan dapur. Aku suka memindahkan beberapa perabotan di kamar. Melihat tampilan baru kamar, ruang tamu, atau area dapur ternyata mampu memperbaiki suasana hati. 

Di satu sisi memang melelahkan harus membongkar pernak-pernih rumah. Tapi ada kepuasan tersendiri melihat hasilnya. Menata rumah juga membutuhkan waktu yang cukup lama. Tapi entah kenapa aku menikmatinya. Meskipun seharian berbenah rumah, malam hari aku bisa produktif menulis di depan laptop. Menata rumah semacam membuang kejenuhan dan mendapatkan energi baru bagiku. 


Pergi ke Minimarket 

Kegiatan lainnya yang sering aku lakukan saat mulai jenuh menulis adalah pergi ke minimarket terdekat. Beranjak dari kursi kamar dan keluar rumah bisa membuat suasana hati berubah drastic. Bila awalnya suntuk karena tidak mendapatkan ide menulis, keluar sejenak ke minimarket justru sering mendatangkan ide baru. Melihat deretan produk di dalam minimarket mendadak memunculkan beragam ide menulis. 

Apalagi jika sudah mendapatkan beberapa belanjaan sebagai moodbooster, maka keluar minimarket suasana hati kembali membaik. Aku akan pulang dengan semangat baru. Biasanya aku akan kemballi duduk di depan laptop sambil membawa beberapa cemilan hasil berburu di minimarket. Kejenuhan hilang berganti dengan semangat mengeksekusi ide menulis yang terbesit saat berada di minimarket. 

Itulah caraku mengatasi kejenuhan menulis. Ide menulis sering muncul ketika melakukan 5 kegiatan tersebut. Bagaimana denganmu? Apa kegiatan favoritmu yang mampu menghilangkan kejenuhan saat menulis?


Tidak ada komentar