5 Kegiatan Positif Mengisi Waktu Luang Anak di Rumah

5 KEGIATAN POSITIF MENGISI WAKTU LANG ANAK DI RUMAH

5 Kegiatan Positif  Mengisi Waktu Luang Anak  di Rumah 
Pandemi telah membuat anak-anak harus terbiasa dengan sekolah online dari rumah. Orang tua juga membatasi beragam aktivitas anak di luar rumah, termasuk bermain bersama teman. Untuk mencegah anak bosan atau setres, orang tua harus kreatif menciptakan aktivitas menyenangkan di dalam rumah. 


Ada beragam kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan dari dalam rumah. Untuk anak usia sekolah dasar, beberapa kegiatan berikut bisa menjadi alternatif agar waktu luang bisa dimanfaatkan dengan baik. Kegiatan ini bisa dilakukan oleh anak laki-laki maupun perempuan. 


5 Kegiatan Positif Mengisi  Waktu Luang Anak


Membaca Buku

Membaca buku favorit menjadi kebutuhan bagi sebagian anak. Tapi, tidak bagi sebagian yang lain. Terutama anak yang tidak terbiasa disediakan buku bacaan oleh orang tuanya. Padahal dengan membaca buku, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh anak. Apalagi ketika pandemi seperti sekarang. 


Buku adalah jendela dunia. Ketika tidak bisa bepergian ke sebuah tempat wisata, bisa disiasati dengan membaca buku tentang hal-hal menarik tentang tempat wisata tersebut. Ada banyak buku yang membahas tentang tempat wisata baik di alam negeri maupun di luar negeri. 


Wawasan anak bisa berkembang dengan membaca buku. Dan cara paling efektif membunuh waktu adalah tenggelam dalam bacaan buku favorit. Buku untuk anak-anak sekarang didesain menjadi lebih menarik. Jadi, jika ingin membiasakan anak membawa buku untuk mengisi waktu luang, bisa dimulai dengan membelikan buku yang menarik secara visual. 


Merawat Tanaman 

Kegiatan positif lain yang bisa dikenakan anak untuk mengisi waktu luang adalah bertanam. Mengajak anak memilih jenis tanaman yang akan ditanam dan melibatkan dalam proses menanam akan menjadi kegiatan yang seru bagi anak. Anak akan belajar banyak hal. Mencintai tananam dan  memahami proses tumbuh kembang tanaman. 

TIPS MERAWAT TANAMAN


Merawat tanaman setiap hari juga mengajarkan anak menghargai sebuah proses. Tanaman yang awalnya hanya berbentuk benih, bisa tumbuh menjadi tanaman yang cantik jika dirawat dengan baik. Anak belajar science sekaligus belajar kesabaran. 


Berkreasi di Dapur 

Aktivitas menyenangkan untuk mengisi waktu luang anak di rumah adalah Berkreasi di dapur. Untuk anak perempuan, area dapur menjadi salah satu spot menarik di rumah. Melihat ibu memasak di dapur tak jarang membuat anak penasaran.  Dalam benaknya, ibu seolah sedang bereksperimen dengan bahan-bahan makanan dan menyulapnya menjadi beragam menu favorit keluarga. 

MENGAJARI ANAK MEMASAK DI DAPUR


Ketika melihat anak mulai tertarik dengan aktivitas di dapur, tidak ada salahnya mengajak anak berkreasi membuat makanan favoritnya. Ajarkan tahapan demi tahapan memasak  sampai selesai. Hal ini tidak hanya berlaku untuk anak perempuan saja. Anak laki-laki juga bisa diajak Berkreasi di dapur. Seperti yang aku lakukan kepada si sulung Agha. Dia sangat antusias saat diajak Berkreasi di dapur. 


Merawat Binatang Peliharaan   

Beberapa binatang ternak bisa menjadi teman bermain anak di rumah. Kucing, anjing, kelinci, dan ayam adalah hewan-hewan yang sengaja dipelihara di rumah. Kehadiran binatang tersebut membuat suasana rumah menjadi lebih ramai. Merawat hewan peliharaan adalah aktivitas positif yang bisa dilakukan oleh anak di rumah. Berinteraksi dengan memberi makanan bisa mengalihkan kejenuhan anak. Anak juga diajarkan ntuk menyayangi binatang. 

MERAWAT IKAN DI RUMAH


Di rumahku, ikan menjadi pilihan hewan yang sanggup untuk dipelihara oleh keluarga kami. Alasannya karena merawat ikan lebih mudah dan variasi jenis ikan yang beragam memanjakan mata. Si sulung suka mengamati ikan-ikan yang ada di aquarium mini kami. Tak jarang dia juga ikut merawat ikan dengan memberi makan pagi dan sore.


Bermain Game edukasi 

Zaman sekarang game sudah menjadi bagian dari hiburan anak. Tidak ada salahnya mengizinkan anak bermain game. Tapi, game yang dimainkan anak harus sesuai dengan usianya dan membawa manfaat. Tidak hanya sekadar menghibur saja. 

REKOMENDASI GAME EDUKASI UNTUK ANA SD


Bermain game edukasi bisa menjadi aktivitas positif mengisi waktu luang Anak di rumah. Beragam game edukasi bisa disuguhkan kepada anak. Beberapa game edukasi yang sering dimainkan oleh anak-anak di rumah adalah game yang ada di situs plays.org. Guardians Defenders of MAthematica, Zombie Typing dan Math Boy menjadi game edukasi favorit si sulung. 

GAME EDUKASI DI PLAYS.ORG


Guardians Defenders of Mathematica dan Math Boy melatih kemampuan matematika anak. Anak diminta berpikir cepat untuk menyelesaikan soal matematika jika ingin naik ke level permainan berikutnya. Sedangkan Zombie Typing mengasah kemampuan kecepatan menulis dan bahasa inggris anak. aNak-anak usia sekolah dasar bisa memainkan game edukasi ini. 


Itulah 5 Aktivitas Positif mengisi waktu luang an di rumah. Anak-ana yang belum bisa beraktivitas di luar rmah karena pandemi, bisa tetap melepas setres dengan kegiatan bermanfaat dari dalam rumah. Anak senang maka orang tua juga tenang. 


Komentar