Cara Sederhana Cegah Diabetes Sejak Dini

 

cara sederhana cegah diabetes sejak dini

Cara Sederhana Cegah Diabetes Sejak Dini, penyakit yang dulu hanya mengincar para lansia, sekarang mulai mengancam generasi muda. Penyebab utamanya adalah gaya hidup anak muda yang lebih menyukai makanan dan minuman serba manis. Aneka minuman kekinian yang manisnya berlebihan tanpa disadari menjadi bibit munculnya diabetes sejak dini. Akumulasi gula berlebih tersebut membuat kadar gula di dalam tubuh melewati ambang batas normal. Kita semua tahu bahwa Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah.


Tanda Gejala Diabetes Menyerang


Tubuh memberikan alarm sebelum penyakit benar-benar hadir. Namun, kita sering kurang peka ketika tubuh memberikan sinyal. Nah, mulai sekarang kenali tanda-tanda gejala Diabetes yang muncul agar bisa dicegah sejak dini. Munculnya Diabetes biasanya ditandai dengan mudah lelah, mudah merasa lapar, gerak tubuh melamban, berat badan naik atau turun secara signifikan, penglihatan mulai kabur, dan selalu ingin makan atau minum yang manis-manis.  bagi Sebagian orang, tanda gejala diabetes akan muncul dengan sering buang air kecil dan kondisi kulit bermasalah.


Jika tanda-tanda di atas sering muncul, maka sebaiknya diwaspadai dan segera melakukan tes gula darah. Semakin peka terhadap sinyal tubuh maka semakin cepat gejala tersebut diatasi. Sebab, jika sudah kronis, Diabetes akan menghantui seumur hidup.


Cara Mencegah Diabetes Sejak Dini

Mencegah lebih baik dari mengobati


Ungkapan tersebut ada benarnya. Mencegah munculnya penyakit diabetes lebih baik dari pada mengobatinya. Selain membuang banyak waktu dan energi, pengobatan untuk diabetes membutuhkan dana yang cukup besar. Nah, sebelum Diabetes menghampiri, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah Diabetes sejak dini. Diantaranya adalah


Memesan  Minuman Less Sugar

minuman less sugar cegah diabetes


Bertemu dengan teman di tempat  yang menyuguhkan aneka minuman kekinian kadang tak bisa dihindari. Mulai kepentingan bisnis sampai hanya sekedar melepas rindu lama tidak bertemu. Ketika menu yang disuguhkan oleh waiters adalah minuman kekinian yang serba manis, pesan minuman yang less sugar adalah pilihan tepat.


Awalnya memang kurang nyaman menikmati minuman yang kurang manis. tapi percayalah, semua bisa karena terbiasa. Demi kesehatan jangka panjang, sedikit mengorbankan rasa yang ada di lidah  tidak masalah. Minuman less sugar tetap enak jika diminum bersama teman-teman yang kita sayangi.


Mengurangi Konsumsi Karbo

cara cegah diabetes sejak dini


Mengurangi konsumsi karbo adalah hal yang selalu disarankan oleh ahlinya jika ingin menurunkan berat badan. Karena karbohidrat yang berlebih bisa menjadi boomerang untuk tubuh kita. Semakin ideal berat badan, maka potensi terserang beragam penyakit juga semakin kecil. Termasuk penyakit Diabetes. Jadi, sayangi tubuhmu dengan mengurangi konsumnsi karbo dalam menu harianmu.


Tidak Memanaskan Nasi Terlalu Lama

cara cegah diabetes sejak dini


Kebiasaan sederhana yang dampaknya cukup signifikan mencegah penyakit diabetes adalah tidak memanaskan nasi terlalu lama di mejikom. Setelah nasi matang, segera cabut kabel mejikom. Jika ingin menikmati nasi hangat, bisa dihangatkan sebentar sesuai keperluan. Namun, hindari membiarkan mejikom menyala terus menerus. Karena semakin lama nasi dipanaskan, maka memiliki nilai indeks glikemik yang tinggi sehingga menaikkan kadar gula dalam tubuh. Makan nasi yang tidak dipanaskan lebih dianjurkan oleh dokter. Karena lebih sehat.


Mengganti Gula Pasir dengan Gula Aren

cara cegah diabetes sejak dini dengan gula aren


Kebiasaan sederhana lainnya yang bisa diubah adalah mengganti gula pasir dengan gula aren untuk keperluan harian di rumah. Aku sudah melakukannya bertahun-tahun. Awalnya memang kurang nyaman memakai gula aren dalam masakan. Tapi, semua tergantung kebiasaan. Jika sudah terbiasa, lidah tetap bisa menerima rasa masakan yang di dalamnya memakai gula aren, bukan gula pasir. Begitu juga untuk kebutuhan membuat minuman di rumah. Memakai gula aren lebih terasa nikmat dari pada gula pasir. Tentu saja lebih sehat juga.


Olahraga Seminggu 2 Kali


Hal yang tak kalah penting untuk dilakukan untuk mencegah diabetes adalah olahraga. Jenis olahraga yang dipilih tidak harus olahraga berat. Olahraga ringan seperti jogging seminggu 2 kali sudah cukup untuk pemula. Apa pun jenis olahraganya, yang terpenting adalah konsisten. Menjaga pola hidup sehat dan olahraga adalah satu rangkaian yang tidak bisa dipisahkan. Jadi, sempatkan olahraga seminggu 2 kali agar tubuh tetap sehat dan potensi terkena berbagai jenis penyakit juga semakin keci. Termasuk penyakit Diabetes.

 

Itulah hal-hal sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya penyakit Diabetes. Kamu sudah mencoba yang mana? Yuk dimulai dari sekarang

 

 

Komentar