Manfaat Lain Sabun Cuci Piring yang Wajib Diketahui

Manfaat  lain sabun cuci piring


Sabun cuci piring ternyata memiliki banyak manfaat lain yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Sabun pencuci piring apa pun mereknya,  difokuskan untuk menghilangkan lemak yang menempel di peralatan makan. Namun, siapa sangka bisa digunakan untuk mengatasi permasalah lain yang sering menimpa para ibu di rumah. 

Pekerjaan rumah yang tak pernah habis, membuat ibu-ibu cerdas memutar otak agar pekerjaan rumah bisa diselesaikan lebih cepat agar bisa rebahan sejenak sebelum semua anggota keluarga pulang. Ternyata sebagian permasalahan pekerjaan rumah Bisa diselesaikan lebih cepat dengan sabun pencuci piring. 


Manfaat Sabun Pencuci Piring


Membuat Baju Putih Lebih Bersih 

Menanti anak pulang sekolah yang memakai seragam putih selalu bikin was-was. Apalagi anak usia TK dan SD yang masih aktif-aktifnya explore hal baru di sekolah. Bisa dipastikan seragam putihnya sudah tidak terlihat putih bersih ketika pulang ke rumah. Setidaknya hal itu terjadi pada anak laki-lakiku yang memakai seragam putih-putih di hari jumat. 


Seragam putih yang hanya dipakai satu hari selalu kotor luar biasa. Padahal sebelum berangkat sudah disounding untuk menjaga baju putihnya karena mencuci baju putih butuh tenaga ekstra. Dia tetaplah anak-anak meski sudah kelas 6. Berdalih main bola, guling-guling bersama teman, dan masih banyak alasan yang lain ketika ditanya kenapa baju putihnya kotor sekali. 


Tak perlu menunggu lama lagi, aku segera mengambil sabun cuci piring dan merendam seragam putih si kakak di ember. Tiga puluh menit kemudian aku kucek manual baju putih tersebut. Hasilnya kotoran yang menempel di seragam putih hilang seketika. Warnanya juga menjadi semakin putih. Sejak saat itu aku selalu memakai sabun cuci piring untuk mencuci seragam putih anak-anak. 


Menghilangkan Noda Darah pada Pakaian Lebih Cepat

Suatu siang adek Gia pulang sekolah dengan kondisi kerudungnya kotor sekali. Ternyata noda tersebut adalah noda darah. Dia bercerita jika bibirnya tiba-tiba berdarah saat jam mengaji. Tidak ada tisu di tas mengajinya. Akhirnya memakai kerudung untuk membersihkan bibir yang berdarah. 


Mendengar cerita tersebut, rasanya kurang bijak jika marah karena kerudung penuh noda darah. Akhirnya memilih fokus untuk membersihkan noda darah tersebut. Darah yang sudah mengering di pakaian memang cukup sulit dibersihkan pakai deterjen biasa. Untuk mengatasi noda darah pada pakaian lebih cepat hilang, aku memakai sabun cuci piring. Cukup menuangkan sabun cuci piring pada area yang terkena noda dan kucek perlahan. Noda darah pun bersih tak tersisa. 


Membuat Dinding dan Lantai Kamar Mandi lebih Kinclong 

Setelah puas dengan melihat noda membandel hilang hanya dengan sabun pencuci piring,  akhirnya iseng mencoba membersihkan kamar mandi sekalian. Kebetulan dinding dan lantai kamar mandi sudah kotor sekali. Tanpa banyak berpikir, aku tuang sabun pencuci piring ke spon dan mulai menggosok dinding kamar mandi. Hasilnya dinding kamar mandi kinclong dalam waktu sekejap. Noda di dinding kamar mandi lebih mudah dibersihkan memakai sabun pencuci piring.


Begitu juga dengan lantai kamar mandi yang sudah kusam karena kotoran. Dalam beberapa menit sudah kinclong tanpa drama tangan iritasi. Biasanya tanganku selalu iritasi kena bahan kimia khusus pembersih lantai. Sabun pencuci piring bisa menjadi solusi bagi pemilik kulit sensitif sepertiku. 


Mengatasi WC Tersumbat

Manfaat lain sabun pencuci piring yag harus diketahui adalah untuk mengatasi masalah WC tersumbat. Aku lebih suka menyebutnya sebagai cara merawat WC agar tidak tersumbat. Caranya cukup mudah. Campurkan sabun pencuci piring dan air hangat dalam ember. Siramkan ke lubang WC. Diamkan selama kurang lebih 30 menit. Pastikan air yang dipakai adalah air hangat ya. Cara ini cukup efektif mengatasi WC tersumbat atau menjaga agar septic tank tidak mudah penuh. Lakukan2 kali seminggu secara rutin. 


Selamat mencoba 






Komentar