Manfaat Pijat Bayi dengan Sentuhan Cinta

Melahirkan buah hati adalah  episode hidup yang selalu dinantikan oleh seorang perempuan. Sehingga saat hamil, selain menjaga kehamilan agar tetap sehat, calon ibu disarankan membangun kedekatan emosional dengan bayi yang ada di dalam kandungan. Membangun bonding sejak dini dengan calon buah hati sangat penting. Karena 1000 hari pertama masa emas seorang anak dimulai sejak berada dalam kandungan. Memberikan sentuhan cinta selama hamil bisa dengan  mengelus perut, berbicara dengan calon bayi, dan memberikan beragam stimulasi yang bagus untuk perkembangan janin. 

Setelah melahirkan, Ibu tetap bisa melanjutkan memberi sentuhan cinta. Salah satu sentuhan cinta kepada bayi yang baru lahir adalah dengan melakukan pijat bayi. Pijat bayi bisa dilakukan oleh Ibu di rumah setiap pagi dan malam hari menjelang tidur untuk merangsang perkembangan si kecil. 

MANFAAT PIJAT BAYI 

Pijat bayi mempunyai banyak manfaat. Diantaranya membantu otak bayi berkembang dan belerja lebih cepat, mengurangi kerewelan bayi, memperbaiki kualitas tidur bayi, mengatasi kolik, dan membuat bayi lebih sehat. 

dr. Dyah Retno Wulan Spa sedang menjelaskan manfaat pijat bayi

Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bayi yang terbiasa dipijat dengan benar, kelak dia  cenderung lebih mudah bersosialisasi, mudah kontak mata dengan orang, tersenyum dan berbicara dengan ramah. Anak-anak yang terbiasa dipijat ketika bayi cenderung jarang sakit dan lebih mampu menghadapi tekanan dari luar dirinya. 

HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT PJAT BAYI

Meskipun pijat bayi bisa dilakukan sendiri oleh Ibu di rumah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya : 

Jangan memijat saat bayi sedang lapar atau kenyang
Aktivitas pijat bayi harus disesuaikan dengan jadwal makan dan minum bayi. Bayi yang sedang ingin menyusu tidak boleh dipijat. Begitu juga bayi yang baru saja selesai makan MPASI. Apabila bayi sedang kenyang, tunggu beberapa saat sampai makanan yang ada di perut terserap sempurna. Setelah itu baru boleh melakukan pemijatan. 

Jangan membangunkan bayi yang sedang tidur lelap
Pijat bayi dilakukan saat Ibu dan bayi sama-sama siap. Artinya, Meskipun Ibu siap untuk melakukan pemijatan tapi bayi sedang tertidur lelap, maka Ibu tidak boleh membangunkan bayinya hanya untuk melakukan aktivitas pijat bayi. 

Jangan memaksakan gerakan tertentu pada saat pemijatan
Ada beberapa aturan tentang gerakan pemijatan pada bayi. Setiap gerakan mempunyai manfaat masing-masing. Ibu tidak boleh memaksakan sebuah gerakan yang justru akan membuat bayi berpotensi keseleo.

Jangan memijat dalam kondisi kuku panjang atau memakai perhiasan di tangan dan jari
Pastikan memotong kuku dan melepas cincin serta gelang yang ada di tangan sebelum melakukan pemijatan pada bayi. Karena kulit bayi sangat sensitif, kuku yang panjang dan cincin yang melingkar di jari berpotensi melukai kulit bayi. 

Hentikan pemijatan ketika bayi menunjukkan gelagat tidak nyaman
Meskipun belum selesai semua tahapan pemijatan, segera hentikan proses pemijatan jika bayi tiba-tiba menunjukkan gelagat tidak nyaman atau menangis. Pemijatan bisa dilanjutkan ke tahap selanjutnya bila bayi sudah tenang kembali. Tidak perlu mengulang dari gerakan awal. 

Pijat bayi itu adalah Bahasa cinta seorang Ibu yang membantu perkembangan bayi. Sehingga tidak boleh dilakukan sembarangan.Apalagi sampai menyakiti tubuh mungil bayi atau membuat bayi merasa tidak nyaman. 

Jangan melakukan pemijatan saat bayi sedang sakit
Tidak dianjurkan memijat bayi yang sedang demam, batuk, atau pilek. Bayi yang akan dipijat harus benar-benar sehat. 

RITUAL SEBELUM MEMIJAT BAYI

Sebelum melakukan pijat bayi, sediakan alas yang rata, empuk, dan bersih. Kemudian cuci tangan Ibu terlebih dahulu. Pilihlah ruangan yang nyaman untuk melakukan pijat bayi. Ruangan yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Selain itu, sediakan waktu yang cukup untuk melakukan pijat bayi. Jangan terburu-buru dalam memijat bayi. Jangan pula terlalu lama karena akan membuat bayi tidak nyaman. 

TAHAPAN PIJAT BAYI

Pijat bayi yang benar adalah pijat bayi yang tidak menimbulkan efek samping untuk bayi. Pijat bayi dari Johnson's sangat direkomendasikan karena bukan pijat bayi sembarangan. Setiap gerakan dalam  Pijat bayi Johnson's sudah melalui penelitian panjang, punya banyak manfaat untuk perkembangan bayi.  

lotion yang bisa digunakan untuk pijat bayi

Ada 6 tahapan pijat bayi yaitu bagian wajah, dada, perut, tangan/ lengan, kaki/tungkai. Dan punggung. Setiap gerakan dilakukan 6 kali dengan 8 ketukan. Pijatan bisa dilakukan pada pagi dan malam hari menjelang tidur. Jika melakukan pijatan di pagi hari, lakukan sebelum mandi pagi memakai baby oil. Apabila melakukan pemijatan di malam hari, bisa memakai lotion. 

Wajah : Cares Love, Relax, Circle Down, Smile, Cute.
Dada :  Butterfly dan Cross.
Perut : Mengayuh, Bulan Matahari, I Love You, Walking Fingers, dan Relax.
Tangan/ lengan : Milking (India dan Swedia), Rolling, Squeezing, Thumb After Thumb, Spiral, Finger Shake, dan Relax.
Kaki/ tungkai : Milking (India dan Swedia), Squeezing, Thumb After Thumb, Spiral, Finger Shake, Relax.
Punggung : Go Back Forward, Slip, Mengayuh, Spiral, dan Menggaruk.

Untuk lebih detail bagaimana gerakan masing-masing tahapan, bisa dilihat di sini:

KAMPANYE SENTUHAN CINTA JOHNSON’S

Johnson’s sebagai salah satu perusahaan produk bayi terkemuka yang berfokus pada perkembanngan holistic anak,  sangat peduli terhadap periode emas 1000 hari pertama kehidupan bayi. Karena kehidupan 1000 hari pertama ini sangat berpengaruh terhadap periode selanjutnya. 

Melalui program sentuhan cinta, Johnson’s  mendorong para ibu di Indonesia agar terus mendukung pentingnya pijat bayi untuk kesehatan dan perkembangan bayi di masa periode emas. Dalam menjalankan kampanye tersebut, Johnson’s bekerja sama dengan Habitat For Humanity membangun pusat kesehatan anak (posyandu) di desa Randusongo, Gresik, Jawa Timur. 

dukungan untuk pembangunan posyandu di Randusongo, gresik 

Johnson’s juga melakukan roadshow edukasi pelatihan pijat bayi ke 15 kota di Indonesia bersama 22 orang Tim Edukasi Profesional untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi secara optimal. Langkah konkret Johnson ini perlu diapresiasi dan didukung agar lebih banyak lagi bayi-bayi di Indonesia mendapat sentuhan cinta.




Tidak ada komentar