Musim Durian, Ingin Singgah Lagi Ke Kampung Durian Lereng Kelud-Kediri

Musim Durian, Ingin Singgah Lagi Ke Kampung Durian Lereng Kelud-Kediri- Beberapa bulan ini jalan Juanda (arah ke bandara) sudah banyak berjajar mobil pick up yang menjual durian. Artinya musim durian sudah datang. Setiap melewati jalanan tersebut, pandangan selalu terfokus pada durian-durian yang tergantung di pick up. Seolah durian-durian itu meminta untuk segera dipinang (ini asli imajinasiku berlebihan). 


Niat untuk menepi dan memborong buah durian selalu kandas karena cuaca dan waktu yang kurang bersahabat. Setiap lewat di jalan Juanda, mendung gelap atau sedang hujan lebat. Sementara hanya puas dengan aroma durian yang terbawa angin sampai ke jalan raya. 

Setelah beberapa kali gagal, suatu sore suami pulang membawa 2 durian jumbo. Karena suami sudah terlanjur berjanji kepada si sulung akan membelikan durian di jalan Juanda. Di Hari yang sama, aku membeli 4 buah durian dari tetangga.  Alasan membeli durian tersebut karena ingin menyenangkan si sulung yang sudah ngidam durian sejak seminggu sebelumnya. 

Kangen Kampung Durian Lereng Gunung Kelud-Kediri

Hari itu kami puas makan durian. Bahkan, masih menyisakan 2 buah durian untuk diolah menjadi es krim durian. Durian yang dijual di jalan Juanda memang enak, tapi harganya cukup mahal. Saat musim durian seperti ini, aku teringat dengan Kampung Durian di Lereng Gunung Kelud-Kediri. Tahun lalu kami sempat singgah di tempat tersebut ketika turun dari Gunung Kelud. 

Sebagai pecinta durian, bisa menikmati buah durian sepuasnya dengan harga yang sangat ramah kantong tentu menyenangkan. Di sana tidak hanya menjual buah durian yang masih original. Tapi ada beragam olahan yang berbahan dasar durian. Mulai dari pancake durian, es krim durian, pizza durian, jus durian, dan masih banyak lagi. 

Di Kampung Durian juga bisa berfoto sepuasnya dengan properti yang masih berkaitan dengan durian. Areanya cukup luas sehingga anak-anak bisa bermain sepuasnya di bawah pohon durian. Membawa anak-anak di lokasi ini tidak akan membuat orang tua khawatir berlebihan karena areanya datar. Berbeda dengan beberapa lokasi wisata di sekitar Gunung Kelud yang kontur tanahnya naik turun khas pegunungan. 
Anak-anak bebas bermain

Jika tidak suka dengan area outdoor, bisa memilih area pujasera yang sejuk sekaligus menikmati berbagai hidangan dari durian. Buah durian Gunung Kelud tentu rasanya tidak sama dengan daerah lainnya. Karena setiap daerah mempunyai rasa durian yang khas. Tidak semua durian matang rasanya manis. Ada beberapa daerah yang memiliki buah durian dengan rasa manis -pahit. Ada sensasi sedikit pahit dalam setiap gigitan. 

Buah Durian, Enak di Lidah Tapi Tidak Untuk Badan

Ngomongin durian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pecinta durian. Durian sebagai raja buah-buahan tentu memiliki rasa yang sangat lezat, tapi memiliki beberapa efek samping. Bersyukurlah jika sebagai pecinta durian, tidak mempunyai riwayat penyakit yang akan semakin parah saat memakan durian. 

Bagi orang yang memiliki masalah dengan lambungnya, memakan buah durian bisa menjadi mala petaka. Karena karakteristik durian adalah buah yang bisa menyebabkan penumpukan gas di lambung. Sehingga setelah makan durian, perut agak semakin begah rasanya. Asam lambung meningkat. 

Untuk orang-orang yang memiliki riwayat diabetes juga harus membatasi konsumsi buah durian karena kadar gula dalam durian cukup tinggi. Sedangkan untuk penderita hipertensi atau darah tinggi harus lebih bijak dalam urusan makan buah durian. Karena durian memang bisa menjadi penyelamat saat seseorang anemia, tapi tidak untuk penderita darah tinggi atau hipertensi. 

Begitu juga dengan orang-orang yang memiliki riwayat kolestrol tinggi. Buah durian bisa memicu meningkatnya jumlah kolestrol dalam tubuh. Sehingga akan menimbulkan rasa tidak nyaman di tubuh seperti kepala dan Pundak terasa berat, kaki kesemutan, dan gejala kolestrol lainnya. 

Jadi, boleh saja berburu durian, tapi harus diperhatikan kapasitas tubuh sendiri. Jangan sampai enak di lidah tapi menimbulkan berbagai efek samping di tubuh. Pada dasarnya memang tidak boleh memakan sesuatu berlebihan, termasuk makan buah durian.

Tidak ada komentar