PRUCinta, Asuransi Jiwa Berbasis Syariah Persembahan Prudential untuk Orang Tercinta

PRUCinta, Asuransi Jiwa Berbasis Syariah Persembahan Prudential untuk Orang Tercinta- Beberapa hari lalu aku mendapat kabar duka dari kampung halaman. Suami seorang teman meninggal dunia secara mendadak dalam usia yang relatif masih muda. Saat itu juga menyadari jika kita bisa sewaktu-waktu meninggalkan orang-orang tercinta untuk selamanya. Tidak harus menunggu tua.

Lantas, bagaimana nasib orang-orang tercinta yang selama ini terbiasa menggantungkan hidup dari penghasilan kita? Apa yang bisa kita tinggalkan agar kehidupan mereka tetap stabil setelah kita tinggalkan? Berbagai pertanyaan muncul dalam pikiran setelah mendapat kabar duka tersebut. 

Himawan Purnama, Head of Product Development Prudential Indonesia mengatakan bahwa idealnya setiap keluarga memiliki dana darurat sejumlah satu tahun gaji. Jadi, ketika suami sebagai pencari nafkah tidak berpenghasilan secara mendadak, kondisi keuangan keluarga tidak oleng. Namun, kadang karena berbagai kondisi, dana darurat ini tidak bisa terkumpul maksimal. 

To Love to Protect 

Ada banyak cara untuk mengekspresikan rasa cinta kepada orang-orang terdekat. Selain dengan ungkapan cinta dalam keseharian, seseorang bisa membuktikan cintanya dengan sebuah tindakan nyata. Salah satunya adalah mengupayakan perlindungan kepada orang-orang tercinta. Perlindungan yang tak lekang oleh waktu. Karena hakikat dari mencintai adalah melindungi. 

Keinginan untuk selalu ada di dekat orang-orang tercinta dan melindungi mereka adalah naluri orang yang mencintai. Melindungi dari semua hal yang menimbulkan ketidaknyamanan, termasuk memastikan mereka tidak kekurangan dalam segi finansial. Tapi ada beberapa kondisi yang membuat kita tidak bisa mendampingi dan melindungi orang tercinta untuk selamanya. Salah satunya adalah kematian. Ketika ajal menjemput, terputuslah perlindungan yang kita lakukan. 

Ngomongin tentang perlindungan, masyarakat Indonesia masih belum sepenuhnya menyadari tentang asuransi jiwa sebagai salah satu produk perlindungan paling dasar. Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menunjukkan bahwa pada tahun 2019, tingkat penetrasi asuransi jiwa di Indonesia baru mencapai 1,2 % dibanding dengan total Produk Domestik Bruto (PDB). 

PruCinta, Bentuk Cinta Tak Lekang oleh Waktu

bapak Ari (kiri) dan bapak HImawan (kanan)
Seakan memahami keinginan para pencari nafkah yang ingin melindungi ketahanan keuangan keluarga yang ditinggalkan kelak, Prudential menghadirkan Asuransi Jiwa Syariah PRUCinta. Sebuah asuransi jiwa berbasis Syariah untuk semua (Sharia for all)  dengan pembayaran kontribusi hanya 10 tahun namun mendapat  perlindungan secara menyeluruh selama 20 tahun.

PRUCinta juga menawarkan manfaat jatuh tempo berupa nilai tunai dari Dana Nilai Tunai yang maksimal setara 100% kontribusi yang telah dibayarkan jika tidak ada klaim selama masa kepesertaan. Penawaran dari PRUCinta ini diharapkan membuat masyarakat semakin tertarik dan mau menyisihkan sedikit penghasilannya untuk asuransi jiwa.

PRUCinta memang lahir di tengah rendahnya kesadaran masyarakat dengan produk asuransi jiwa, terutama Asuransi Jiwa Syariah. Berdasarkan data AAJI , dari 17,8 juta peserta asuransi jiwa, hanya 1,3 juta orang yang memiliki polis syariah.  


Padahal kehadiran Asuransi Syariah di Indonesia sudah cukup lama. Prudential sebagai pemimpin pasar Asuransi Syariah di Indonesia sudah mengeluarkan asuransi syariah sejak tahun 2007. PRUCinta dalah bentuk perluasan portofolio perlindungan berbasis syariah untuk semua. Harapannya PRUCinta bisa menjadi solusi untuk semua oirang yang ingin memberikan perlindungan kepada yang tercinta tanpa khawatir uang kontribusi diputar di sektor non halal. 

Ari Purnomo, Head of Sharia Businness Prudential Indonesia mengatakan bahwa PRUCinta hadir menawarkan solusi perlindungan untuk keluarga yang mudah dipahami, terjangkau, dan sangat revelan dengan kebutuhan.  Karena PRUCinta adalah asuransi jiwa murni berbasis syariah yang mempunyai manfaat yang menarik. Bisa dikatakan bahwa PRUCinta adalah warisan cinta nasabah terhadap orang-orang tercinta. 


PRUCinta dikatakan sebagai solusi perlindungan yang sangat terjangkau karena nilai kontribusinya (premi0 hanya Rp. 300.000 atau Rp. 3.300. 000 per tahun. Nominal yang masih terjangkau oleh sebagian besar masyarakat. Keuntungan membayar secara tahunan adalah nasabah hanya membayar 11 bulan kontribusi. 

Adapun manfaat yang diterima ketika memilih PRUCinta sebagai bentuk warisan kepada yang tercinta adalah :

  • 100% Santunan Asuransi atas beban Dana Tabarru’ diberikan setelah klaim disetujui.
  • Total 300% dari Santunan Asuransi atas beban Dana Tabarru’ dibayarkan jika Peserta Yang Diasuransikan meninggal dunia sebelum usia 70 tahun karena kecelakaan dengan mengikuti ketentuan yang tercantum di dalam  Polis, dan Polis akan berakhir.
  • Total 400% dari Santunan Asuransi atas beban Dana Tabarru’ meninggal dunia karena kecelakaan sebelum usia 70 tahun dalam periode 6 (enam) minggu sejak tanggal 1 (satu) Ramadan yang ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia

Spesial benefit untuk nasabah PRUCinta adalah bisa e-submission, e-policy, e-transaction statementauto debet rekening tabungan, dan tidak pernah lapsed (penghentian penanggungan asuransi sebagai akibat tidak dibayarnya premi dan biaya-biaya polis yang sudah jatuh tempo, atau nilai tunai yang tersisa sudah tidak mencukupi untuk membayar premi dan biaya-biayanya lagi).


Jika di kemudian hari banyak peserta yang masih sehat wal afiat, maka dana Tabarru” yang terkumpul pasti mengalami surplus. Nah, selisih lebih total kontribusi Peserta ke dalam Dana Tabarru' ditambah kenaikan Aset reasuransi setelah dikurangi pembayaran santunan/klaim, kontribusi reasuransi dan kenaikan cadangan teknis, dalam satu periode tertentu. Kondisi tersebut dinamakan Surplus underwriting

Surplus Underwriting Asuransi Jiwa Syariah PRUCinta adalah 80% untuk pemegang polis, 10% untuk dana tabarru’, dan 10% untuk pengelola. Kabar baiknya, PRUCinta dapat dijadikan wakaf hidup dan wakaf wasiat. Ketentuan tentang wakaf mengikuti ketentuan program wakaf yang sudah berjalan di Prudential. 

Semoga kehadiran Asuransi Syariah PRUCinta bisa menjadi jalan untuk perlindungan untuk orang-orang yang kita cintai. 


2 komentar

  1. Prudential makin wokee dengan produk2nya. Akupun lebih suka produk asuransi 'tradisional' seperti ini. Lebih jelas, mudah dipahami dan ngga merugikan. Apalagi PRUCinta ini, manfaatnya menenangkan pikiran

    BalasHapus
  2. Paling sedih dengar berita kematian, apalagi kalau itu orang kenal dekat dan usianya masih muda. Untuk menjaga hal-hal tak terduga, baiknya sih mempersiapkan perlindungan sejak dini ya

    BalasHapus