Demi Membuat Dalgona Coffee, Orang Rela Melakukan 5 Hal Ini

Demi Membuat Dalgona Coffee, Orang Rela Melakukan 5 Hal Ini- Dalgona Coffee mendadak viral. Semua orang ingin mencoba membuatnya. Mereka yang awalnya bukan pecinta kopi, sekarang menjadi bersahabat dengan kopi. Nama Dalgona sudah lebih dulu familiar di korea selatan. Dalgona adalah sebutan untuk permen yang terbuat dari gula yang dicampur dengan soda kue. dua bahan tersebut dipanaskan dan dibentuk sedemikian rupa. Kemudian setelah mengeras, bisa dinikmati secara langsung atau dibuat toping minuman. 


membuat Dalgona Coffee sebenarnya tidak sulit. Bahkan seorang teman mengatakan sangat mudah membuat kopi ala café tersebut. Bahan yang dibutuhkan juga tidak banyak, yaitu kopi tanpa ampas, gula, susu plain, es batu. Ada juga yang menambahkan gula aren agar lebih manis. 


Meskipun terlihat mudah, tapi kenyataannya banyak yang belum berhasil membuat Dalgona Coffee. Permasalahannya terletak pada bahan dan alat yang digunakan. Mengamati linimasa beberapa minggu tentang Dalgona Coffee, aku menemukan 5 hal menarik. Ternyata demi membuat kopi kekinian tersebut, orang rela melakukan 5 hal berikut:

Berburu Nescafe Classic 

Nescafe Classsic sedang naik daun. Hal ini karena kopi tanpa ampas yang banyak direkomendasikan untuk membuat Dalgona Coffee adalah Nescafe Classic. Mencari Nescafe Classic ternyata bukan perkara mudah. Beberapa mini market yang aku datangi stoknya kosong. Ketika mencari ke warung tetangga, pemiliknya mengatakan bahwa stok Nescafe Classic sachet juga habis. Setelah keliling ke beberapa warung, akhirnya aku menemukan Nescafe Classic.



Berburu Nescafe Classic memang butuh perjuangan. Apalagi dalam kondisi pandemi korona seperti sekarang. Akses untuk keluar rumah terbatas. Barang yang bisa dibeli di mini market terdekat juga terbatas. Banyak rak yang kosong. Ternyata hal tersebut tidak hanya aku alami. Di linimasa banyak postingan senada. Mereka yang ingin membuat Dalgona Coffee, menceritakan pengalaman mereka berburu Nescafe Classic. 

Membeli Hand Mixer 

Selain bahan yang cukup sulit didapat, alat pengocok juga menjadi kendala. Idealnya campuran gula dan Nescafe Classic dikocok menggunakan mixer agar mengembang sempurna. Tapi tidak semua orang memiliki mixer. Untuk mengatasi hal tersebut, ada yang memilih menggunakan saringan, sendok, balon whisk, dan hand mixer




Beberapa teman dan saudara rela membeli hand mixer agar bisa membuat Dalgona Coffee. Hand Mixer dipilih karena harganya lebih bersahabat dan ukurannya yang imut. Sehingga bisa digunakan pada wadah yang ukurannya kecil seperti cangkir. Suamiku adalah salah satu orang yang rela membeli hand mixer setelah melihat video pembuatan Dalgona Coffee.

Ngocok Sampai Tangan Pegal 

Salah satu keseruan dalam proses pembuatan Dalgona Coffee adalah saat mengocok campuran Nescafe Classic dan gula.Waktu yang dibutuhkan masing-masing orang untuk  menghasilkan kekentalan yang sempurna berbeda-beda. Seorang teman mengaku hanya membutuhkan waktu 3-5 menit. Sedangkan teman lain bercerita butuh waktu sampai 10 menit. 


Membuat Dalgona Coffee dengan bantuan alat sederhana seperti sendok atau balon whisk membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal ini berpengaruh juga terhadap tangan kita. Tapi orang-orang rela mengocok sampai tangan pegal asalkan percobaan Dalgonanya berhasil. 

Lebih dari Satu Kali Percobaan 


Manusia tidak ada yang puas. Begitu juga orang-orang yang sedang bereksperimen dengan Dalgona Coffee. Sekali berhasil, maka akan ketagihan membuat lagi. Biasanya akan mencoba membuat dengan modifikasi resep. Karena berhasil membuat Dalgona Coffee yang sedang viral adalah sebuah kepuasan tersendiri bagi sebagian orang. 


Untuk mereka yang gagal dalam percobaan pertama, tidak pantang menyerah. Mereka rela melakukan percobaan berkali-kali sampai berhasil. Rasa penasaran membuat mereka rela menghabiskan banyak bahan. Hal ini juga sebagai bahan evaluasi kenapa belum berhasil. Orang lain bisa berhasil dengan bahan yang sama, maka seharusnya kita juga bisa berhasil. apalagi selama pandemi korona, banyak waktu luang di rumah. hasur banyak melakukan hal positif dari rumah.  Beresksperimen di dapur dengan membuat Dalgona Coffee juga bagian dari berkarya dari rumah.

Mencari Resep Anti Gagal 

Selain menyiapkan bahan dan membeli peralatan yang dibutuhkan, orang rela browsing resep Dalgona Coffee anti gagal. Hal ini untuk mengantisipasi agar bahan yang digunakan tidak mubakzir. Orang-orang yang sudah melakukan percobaan membuat Coffee Dalgona berkali-kali tapi gagal, biasanya memilih untuk mencari resep anti gagal yang banyak beredar di internet. 

Resep Dalgona Coffee anti gagal sudah banyak kita temui. Di youtube misalnya, banyak kanal yang membahas sebab orang gagal membuat  Dalgona Coffee. Ini resep Dalgona Coffee anti gagal anadalanku. Unggahan tentang resep Dalgona Coffee anti gagal banyak diminati. Terbukti angka penonton unggah tersebut di sebuah kanal youtube semakin hari semakin banyak. 



Itulah hal-hal yang rela dilakukan orang untuk membuat Dalgona Coffee yang sedang viral. Bagaimana denganmu? apakah salah satu poin di atas pernah kamu lakukan selama membuat Dalgona Coffee? Ayo ceritain bagaimana pengalamanmu membuat  Dalgona Coffee di kolom komentar.

Tidak ada komentar