3 Cara Mengolah Saffron Rempah Termahal Menjadi Minuman Sehat

saffron adalah rempah termahal yang memiliki banyak khasiat. diantaranya meningkatkan imunitas, mencerahkan kulit, meningkatkan kinerja otak
3 Cara Mengolah Saffron Rempah Termahal menjadi Minuman Sehat- Saffron adalah rempah yang berasal dari bunga pacar atau nama biasa disebut Crocus Sativus. Saffron menjadi rempah-rempah termahal karena dibutuhkan sekitar 45000 bunga saffron untuk menghasilkan 1 ons bumbu saffron. Saffron diketahui banyak di budidayakan di negara timur tengah seperti iran. Saffron membutuhkan sinar matahari yang cukup dalam proses tumbuhnya.  

Cara memanen saffron juga butuh kehati-hatian karena bagian putih sangat rapuh. jika rusak maka kualitasnya juga menurun. Bunga saffron tidak boleh terlalu mekar. Waktu panen juga sangat terbtas. Itulah yang menjadikan harga saffron sangat mahal. Untuk 1 Kg Saffron harganya antara 14-70 juta tergantung kualitasnya. Aku membeli Saffron 1 gram dari sebuah toko di herbal di daerahku dengan harga 100 ribu untuk 1 gram. 

Safrron menjadi rempah termahal karena ada tiga zat kimia spesial di dalamnya yaitu picrocrocin, crocin, dan safranal. ketiga zat tersebut yang mempengaruhi warna, rasa, dan aroma saffron. zat-zat tersebut sangat bermanfaat untuk tubuh. Saffron sudah ada sejak zaman dahulu kala. Dalam sejarah, tentara Yunani rela menenmpuh medan yang sulit demi rempah berharga saffron. Cleopatra sudah terbiasa memakai saffron saat mandi. Dalam dunia pengobatan kuno, saffron banyak digunakan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.  


Manfaat saffron 

Saffron banyak diburu orang karena memeiliki banyak khasiat. Orang rela membeli rempah mahal tersebut sebagai bentuk ikhtiyar menjaga kesehatannya. Saffron sangat bagus menjaga imunitas tubuh. jika mulai ada flu seperti hidung meler, batuk-batuk, dan suhu tubuh mulai naik, disarankan segera mengkonsumsi minuman saffron. di masa pandemi seperti sekarang, ada banyak cara untuk meningkatkan imunitas. Mengkonsumsi Saffron mungkin bisa menjadi salah satu alternatif. 


Crocetin dalam Saffron ternyata juga bisa mengobadi radang sendi. Mengkonsumsi Saffron secara rutin juga bisa meningkatkan penglihatan. jadi, tidak ada salahnya segera melirik Saffron sebagai salah satu minuman sehat di rumah bila penglihatan mulai kabur. Sedangkan untuk orang-orang yang mengalami insomnia, meminum Saffron secara rutin sangat disarankan. Karena sebuah penelitian menunjukkan bahwa rempah termahal ini juga bisa mengatasi masalah insomnia.  

Untuk anak-anak, Saffron bisa meningkatkan kinerja otak. Anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang bisa diberi saffron. Tentu saja tetap memperhatikan dosisnya. Saffron  juga bagus untuk pasien Alzheimer. Karena Saffron Meningkatkan produksi neurotransmitter sehingga suplai darah ke otak juga meningkat. Selain itu, Saffron bisa meningkatkan fungsi jantung dan hati.


Untuk dunia kecantikan, Saffron juga memiliki banyak khasiat. Saffron bisa menjadikan kulit berseri,cerah, mengobati jerawat dan komedo, melembabkan kulit. jadi, jika ingin memperoleh manfaat dari Saffron, bisa membuat masker atau toner Saffron. Manfaat lainnya adalah mencegah rambut rontok.  

Cara mengolah saffron  

Saffron bisa diolah menjadi minuman atau dijadikan bumbu masakan. Saffron bisa juga digiling kemudian dijadikan taburan pada beragam jenis makanan. Biasanya Saffron dipakai untuk pewarna makanan. Karena Saffron memiliki warna kuning. Aku lebih suka mengolah Saffron menjadi minuman. Ada 3 cara mengolah Saffron menjadi minuman sehat, yaitu:

Dengan Air Hangat 
ambil 3 helai Saffron kemudian masukkan ke dalam air hangat. tunggu sekitar 30 menit. setelah air berubah warna, minuman saffron siap dinikmati. 

Dengan Air Dingin 
siapkan es batu dan 3 helai saffron. tunggu sampai es batu mencair dan air berubah menjadi kuning. minuman dingin safron bisa segera dinikmati.

Dengan Minuman Lainnya 
tuang segelas susu kemudian tambahkan 3 helai safron. Susu Saffron siap dinikmati. 

Hal yang perlu diperhatikan ketika mengolah saffron adalah memberi jeda. Disarankan menghentikan konsumsi saffron setelah meminum seminggu berturut-turut. setelah itu bisa dikonsumsi seminggu 2-3 kali saja. 




Tidak ada komentar