Pahami Jenis dan Harga Pipa Air Sebelum Renovasi Rumah

pahami jenis dan harga pipa air

Pahami Jenis dan Harga Pipa Air Agar Tidak Salah Beli Produk
Musim hujan selalu mengingatkanku pada rumah lama yang selalu banjir setelah direnovasi. Sumber air ternyata dari saluran pembuangan air di dalam rumah. Menurut saudara yang kebetulan seorang tukang bangunan, permasalahannya ada pada instalasi saluran airnya.

Ternyata urusan instalasi saluran pipa air tidak boleh sembarangan. Pemakaian jenis pipa yang tidak sesuai akan menyebabkan masalah di kemudian hari. Selama ini mungkin hanya terfokus pada harga pipa air saja. Tidak memperhatikan jenis pipa airnya. Padahal jenis pipa mempengaruhi fungsinya.

Pipa air PVC adalah jenis pipa air yang cukup popular dipakai. Jenis pipa ini banyak dipilih karena bahan bakunya tidak mengandung zat berbahaya, proses instalasinya gampang, mudah dipotong, dan harganya relative terangkau. Selain itu, Pipa air PVC bersifat licin sehingga cocok dipakai untuk pembuangan limbah karena tidak mudah tersendat.

Selanjutnya ada pipa CPVC yang memiliki keunggulan tahan panas. Ketahanan suhunya mencapai 1800 derajat Celsius. Hal ini disebabkan oleh ketebalan pipa tersebut.  Pipa jenis ini sangat cocok untuk instalasi air panas dan dingin di kamar mandi. Pipa CPVC biasanya berwarna orange.

Jenis pipa lain yang bisa dipakai untuk air panas dan dingin adalah pipa air PEX. PEX (Cross linked polyethylene) tahan terhadap suhu yang ekstrim. Biasanya dibuat dengan warna yang tidak sama. Hal ini untuk membedakan penggunaannya.

Ada juga Pipa Air HDPE (High Density Polyethylene) yang terbuat dari bahan temoplastik yang tidak mengandung zat berbahaya. Keunggulan pipa enis ini adalah lentur, kuat, anti karat, dan tidak mudah rusak. Sehingga cocok digunakan dalam jangka panjang.

Jika kamu penyuka warna hijau, bisa memilih pipa air PP-R. PP-R (Polypropylene random) memiliki karakter yang unik. Tidak mudah terkontaminasi oleh bahan kimia berbahsa, anti karat, dan yang terpenting anti bocor. Pipa jenis ini  bisa dipakai sebagai pengganti pipa logam yang rentan korosi.

Jika kamu sudah memahami sedikit demi sedikit jenis pipa air, saatnya menentukan merek pipa air yang bagus dan harganya tidak menguras kantong. Salah satunya adalah pipa air Rucika. PT Wahana Duta Rucika yang sudah berdiri sejak 1973 selalu berinovasi menghasilkan produk unggulan.

Pipa air PVC yang banyak direkomendasikan adalah Rucika Standard. Rucika Standard terbuat dari bahan uPVC(Unplastized Polyvinyl Chloride) yang memiliki banyak kelebihan dibanding material polymer lainnya seperti adanya Calcium Zink (tanpa timbal), tahan terhadap korosi, kuat, ringan,  diproduksi mengacu pada standar JIS dan ISO dengan sertifikat sistem manajemen ISO 9001: 2000.

Adapun harga pipa air Rucika Standard bisa dilihat pada tabel berikut:

harga pipa air  rucika


Selain Rucika Standard, ada Rucika Kelen Green sebagai sistem perpipaan untuk air panas dan dingin bertekanan dengan jenjang produk yang luas. Berbahan Polypropylene Random (pp-r 80) dan menggunakan sistem penyambungan heat fusion dengan alat pemanas polyfusion. Sehingga mempunyai daya tahan jangka panjang. Harga pipa air jenis ini juga masih sangat terjangkau.

harga ppa air rucika

Rucika memiliki  produk unggulan lainnya juga. Diantaranya Rucika JIS, Rucika Black, Rucika Exoplas, Rucika Kelox, dan masih banyak lagi. Harga pipa air bervariasi disesuaikan dengan keunggulan masing-masing. Selengkapnya bisa dicek melalui website resmi Rucika www.rucika.co.id 

Sebaiknya memilih jenis pipa yang sesuai dengan kebutuhan rumah tapi masih terjangkau harganya. Jangan sampai membeli pipa dengan harga mahal tapi kualitasnya kurang bagus. Kenali jenis dan harga pipa air yang ada di pasaran agar tidak salah beli.

 

 

 

 

Tidak ada komentar