Manfaat Pemasangan Panel Surya untuk Rumah Tangga

 

Manfaat pemasangan panel surya untuk rumah tangga

Manfaat Pemasangan Panel Surya untuk Rumah Tangga- sudah mulai banyak dirasakan oleh masyarakat. Perlahan namun pasti, pengguna panel surya untuk kebutuhan  rumah tangga semakin bertambah. Masyarakat mulai sadar bahwa ketersediaan energi listrik sebagai sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui semakin menipis. Padahal kebutuhan harian rumah tangga tak bisa lepas dari energi listrik. 


Kebutuhan energi listrik semakin meningkat seiring bertambahnya jumlah penduduk. Akibatnya, PLN sering melakukan pemadaman bergilir untuk menghemat energi listrik.  Sehingga harus mencari energi alternatif yang tanpa batas yaitu energi matahari (PLTS) untuk memenuhi Kebutuhan listrik harian rumah tangga. 


Pemasangan panel surya memang tidak murah, tapi manfaat jangka panjang dan cara kerjanya yang sederhana bisa dipertimbangkan untuk energi alternatif. Cara kerjanya menyerap energi matahari dan disimpan dalam baterai. Mengubah energi matahari menjadi listrik dengan menggunakan prinsip fotovoltaik. Indonesia sebagai negara tropis sangat mendukung untuk pemanfaatan panel surya karena sinar matahari bisa dinikmati sepanjang tahun. 


Manfaat Pemasangan Panel Surya


Hemat LIstrik

Hal mendasar yang bisa dirasakan oleh masyarakat ketika memutuskan untuk memakai panel surya adalah hemat listrik hingga 50%.  Rumah yang melakukan pemasangan panel surya artinya memiliki energi cadangan selain PLN. Bahkan, kelebihan energi yang dihasilkan panel surya bisa disimpan untuk kebutuhan berikutnya. 


Kebutuhan harian rumah tangga seperti memasak, mencuci, sampai bersantai tidak bisa lepas dari listrik. Sebuah berkah tersendiri jika bisa menghemat pengeluaran rutin bulanan, termasuk tagihan listrik.mengeluarkan dana yang sedikit lebih besar di awal pemasangan tidak akan sia-sia karena manfaat jangka panjangnya cukup signifikan menghemat anggaran rumah tangga.


Ramah Lingkungan

Penggunaan panel surya dapat menghemat listrik hingga 50% ternyata mampu mengurangi emisi Karbon dioksida 29-41%. Artinya, Kehadian panel surya membantu mengurangi pemanasan global. Sebuah langkah sederhana yang berdampak besar untuk bumi. 


Investasi Menguntungkan 

Harga yang dibayar untuk pemasangan panel surya memang tidak murah, tapi ini adalah bentuk investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan. Rumah yang dipasang panel surya akan meningkat nilainya. Oleh sebab itu, dunia property sudah mulai banyak developer yang menawarkan perumahan nyaman dan hemat energi yang atapnya sudah terpasang panel surya. 


Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memasang Panel Surya


Lokasi Pemasangan

Intensitas sinar matahari cukup dan tidak terhalang oleh bangunan lain. Hal ini penting untuk diperhatika karena berkaitan dengan proses penyerapan energi matahari. 


Luasan Atap

Luas atap bangunan memperngaruhi kapasitas listrik PLTS. Rata-rata panel surya memerlukan 2.5 m2 untuk memproduksi 1 kWH listrik. 


Temperatur Udara

Panel surya beroperasi optimal dengan suhu  normal sekitar 25 derajat celcius


Jenis Panel Surya

Tiap jenis panel surya memiliki perfoma dan kemampuan menghasilkan daya yang bervariasi. Terdapat jenis panel surya polycrystalline, Monocrystalline, dan Thin Film yang memiliki keunggulan masing-masing.                                                                                                                                                                                                       

Orientasi Panel Surya

Jika memungkinkan, panel surya lebih baik dihadapkan ke arah garis khatulistiwa. 


Mengenal Utomo SolaRUV 

Utomo solaRUV surabaya



 

Save energy today, for a better tomorrow with SolaRUV

 

Ketika sudah mengetahui manfaat pemasangan panel surya, langkah selanjutnya adalah mencari perusahaan yang terpercaya di bidang tersebut. Perusahaan spesialis penyedia solusi atap dan energi terbarukan khususnya Pembangkit LIstrik Tenaga Surya (PLTS) yang sudah mendapat kepercayaan dari masyarakat adalah Utomo SolaRUV.


Utomo SolaRUV di bawah naungan Utomodeck.  Sebuah perusahaan yang sudah berpengalaman lebih dari 45 tahun di bidang atap dan memegang rekor dunia Guinnes World Records untuk katagori atap tanpa sambungan terpanjang di dunia sepanjang 200.9 meter. Mempercayakan urusan panel surya yang tidak murah harganya kepada perusahaan seperti ini tentu saja tidak akan was-was lagi. 


Setelah memilih perusahaan terpercaya, saatnya menentukan sistem PLTS sesuai dengan kebutuhan. Berdasarkan informasi yang didapat dari sosial media Utomo SolaRUV,  Ada3 jenis PLTS yang bisa dipilih yaitu PLTS Off Grid, PLTS On Grid, dan PLTS Hybrid. 


PLTS Off Grid adalah sistem PLTS yang memanfaatkan tenaga matahari yang berdiri sendiri, tidak tergantung dengan jaringan listrik PLN. Diperlukan  tambahan komponen baterai dalam sistem ini. PLTS Off Grid cocok untuk daerah yang belum teraliliri listrik PLN. 


Sedangkan PLTS On Grid Adalah sistem PLTS yang terhubung dengan jaringan PLN, bertujuan untuk menekan tagihan listrik bulanan. Sistem seperti ini biasa digunakan pada daerah yang sudah teraliri listrik PLN seperti perkantoran dan perumahan.


PLTS Hybrid adalah gabungan 2 sistem atau lebih sumber energi yang berbeda. Seperti menggabungkan gabungan sumber energi PLTS dengan genset, mikrohydro, dan tenaga angin. Sistem seperti ini adalah alternatif  yang tepat bagi daerah yang sulit dijangkau oleh sistem pembangkit listrik berkapasitas besar misalnya PLN atau PLTD. 


Untuk panel surya skala rumahan, Utomo SolaRUV memberikan pilihan panel surya on grid. Skema on-grid dianggap  lebih realistis sesuai dengan finansial masyarakat Indonesia. Skema on-grid artinya pengguna PLTS terhubung dengan jaringan listrik PLN. Kelebihan listrik yang dihasilkan oleh PLTS atap bisa disalurkan kembali ke jaringan listik PLN. Dihitung sebagai kredit diskon tagihan listrik di bulan berikutnya. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan masyarakat yang sebagian besar hidupnya bergantung pada listrik. 


SolaRUV Blogger & Community Gathering

Blogger surabaya crayontata


Dalam rangka memperingati Earth Day, Utomo SolaRUV menggandeng komunitas yang ada di Surabaya termasuk Blogger surabaya. Acara yang dikemas diskusi santai sambil berbuka puasa bareng tersebut  membahas seputar potensi energi matahari dalam menyelamatkan planet bumi. 


Dari diskusi singkat tersebut, kami memperoleh banyak informasi baru terkait panel surya dan potensi pemakaian dalam skala rumahan. Sebagai konten kreator yang mulai terbiasa membagikan hal bermanfaat, aku juga tergerak untuk berbagi pengetahuan tentang panel surya untuk rumah tangga.


Semoga semakin banyak masyarakat yang sadar manfaat besar pemasangan Panel surya untuk rumah tangga, salah satunya adalah mampu menghemat pengeluaran listrik bulanan. Karena Masih sedikit akses informasi terkait panel surya, manfaat, dan cara memilih perusahaan terpercaya yang menangani pemasangan panel surya. 











Komentar