Resep Salad Sayur Dressing Wijen Homemade Favorit Keluarga Crayon

resep salad sayur yang praktis, hemat, dan mudah cara membuatnya. dressing wijen homemade ternyata mudah dibuat
Resep Salad Sayur Dressing Wijen Homemade Favorit Keluarga Crayon- Makanan yang dimasak oleh ibu di dapur tidak hanya untuk mengenyangkan perut. Tapi punya filosofi yang sangat dalam. Makanan yang tersaji di meja makan adalah bentuk cinta seorang ibu untuk keluarga. Sebagai seorag ibu, ada kepuasan tersendiri jika hasil kreasi di dapur disukai suami dan anak-anak. 

Bila ditanya apa resep favorit keluargaku? Sulit menentukan satu jenis makanan secara khusus. Setiap menu baru yang aku buat, suami dan anak-anak selalu suka. Menu yang dihasilkan dari dapurku rata-rata cemilan sehat untuk anak-anak. Untuk menu berat seperti lauk pauk, salah satunya adalah ayam kecap. Menu sederhana tapi kata suamiku berbeda dari ayam kecap pada umumnya. 

Tapi, kali ini aku tidak akan membahas lebih lanjut tentang ayam kecap. Aku ingin berbagi resep sehat yang mudah dibuat yaitu dressing wijen homemade. Masa pandemi mengharuskanku lebih memperhatikan pola makan suami dan anak-anak. Kebiasaan dalam keluarga kecilku juga ikut berubah. Empat bulan terakhir kami lebih banyak makan salad sayur dressing wijen. 

Untuk meningkatkan imun tubuh, awalnya aku selalu membelikan salad sayur dressing wijen. Tapi setelah diamati, harga untuk seporsi salad sayur dressing wijen  mahal, yaitu 40K. Untuk sekali pesan, minimal membeli 2 porsi. Dalam satu minggu, aku bisa membeli salad sayur dressing wijen 2-3 kali. Aku baru menyadari bahwa pengeluaran dalam satu bulan untuk membeli salad sayur tersebut  cukup banyak.

Akhirnya aku mencari cara bagaimana bisa tetap menikmati salad sayur dressing wijen tapi uang belanja bulanan tetap stabil. Solusinya adalah membuat salad sayur dan dressing wijen sendiri. Untuk sayurnya tidak ada kendala. Aneka jenis sayuran mudah didapatkan. Namun untuk dressingnya, aku belum pernah membuat sebelumnya. 

Berbekal gawai pintar, aku mencari resep-resep tentang dressing wijen di internet. Tapi tidak ada yang sreg di lidah kami sekeluarga. Setelah beberapa kali mengeksekusi resep-resep tersebut, akhirnya aku memutuskan memodifikasi resep dressing wijen agar sesuai dengan selera keluargaku. 

Resep Dressing Wijen Homemade

Bahan-bahan :

2 sdm biji wijen
1 sdt gula merah / gula palem
1 sdm minyak wijen 
1 sdt garam / kecap asin
2 sdm mayonaise 
5 sdm air matang
1 butir kuning telur rebus 

Cara Membuat : 

1. Sangrai wijen sampai kecoklatan. Jangan lupa diaduk terus 
2. Haluskan wijen (aku memakai mini blender), pindah ke mangkuk
3. Tambahkan gula merah 
4. Tambahkan minyak wijen, garam,mayonaise
5. Tambahkan kuning telur rebus, aduk rata 

Jika merasa warnanya kurang menarik, untuk tahap akhir bisa menambahkan setetes pewarna jingga. Untuk mayonaise, aku memilih yang light. Apabila kebetulan yang ada di toko adalah mayonaise yang biasa, tidak ada masalah bagiku. Namun, untuk teman-teman yang punya waktu luang, bisa juga membuat mayonaise homemade. Aku selalu terburu-buru ketika membuat dressing wijen ini. Karena aku membuatnya pagi hari sebelum suami berangkat kerja. Selain untuk sarapan anggota keluarga di rumah, suami sering meminta bekal salad sayur dressing wijen. 


jika ingin menikmati dressing wijen rasa pedas, aku biasanya menambahkan boncabe pada tahap akhir. Untuk teman-teman yang ingin membuat dressing wijen versi pedas, ada satu hal yang perlu diperhatikan. Rasa pedas tersebut tentu saja akan mengurangi aroma khas wijen. Jadi, silahkan memilih membuat dressing wijen original atau pedas sesuai selera. 

Tips untuk teman-teman yang ingin membuat resep ini, perhatikan takaran bahan-bahannya. jangan sampai tertukar antara satu sendok makan dan satu sendok teh. karena akan mempengaruhi hasilnya. 

Bahan Pelengkap 

Untuk salad sayur ini tidak murni semua adalah sayuran. Aku biasanya menambahkan kentang rebus, telur rebus, ayam filet rebus, atau ikan fillet goreng. Sayuran yang sering aku pakai adalah wortel, buncis, selada, kubis ungu. Sayuran bisa menyesuaikan persediaan di kulkas. 

Salad sayur dressing wijen ini sehat dan bahan-bahannya mudah didapatkan mulai dari pasar tradisional sampai swalayan. Jadi, salad sayur dressing wijen homemade ini selain sehat, lebih hemat, dan praktis. Tidak membutuhkan waktu lama untuk membuatnya. Siapa saja bisa membuat asal ada kemauan. There is a will there is a way

Itulah menu favorit keluarga crayon selama pandemi covid-19 ini. Pengennya sih kulineran soto daging atau ayam geprek spesial tapi sementara makan yang sehat dulu, yaitu salad sayur dressing wijen homemade. Apa menu favorit keluargamu?





3 komentar

  1. mbak Ta... bikin ngiler, tapi entah kenapa kok yang dibayanganku gado-gado ya mbak #dilemparbakpao

    BalasHapus
  2. Aku masih mencari cara membuat anak2 suka salad sayur. Padahal enak banget kan ya, mbak. Tingg lap ga usah repot masak, ini buat kita. Buat anak2, masih ada suara kres pas dimakan. Tp tiap kusuruh, selalu geleng2 kepala :)))

    BalasHapus
  3. bisa dioba ni resepnya. Aroma wijen emang bikin rasa salad jadi lebih sedap

    BalasHapus